Salin Artikel

Bentuk Tim untuk Mengkaji UU Cipta Kerja, Khofifah Ajak Buruh dan Mahasiswa

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap seluruh jajaran Dinas Tenaga Kerja kabupaten dan kota memahami utuh dan saksama UU Cipta Kerja itu.

"Harapan kami, seluruh jajaran Dinas Tenaga Kerja Kabupaten/Kota memahami utuh dan saksama UU Cipta Kerja, termasuk mengimbanginya dengan tidak sepotong-sepotong yang akhirnya bias," ujar Khofifah seperti dikutip dari Antara, Rabu (14/10/2020).

Khofifah berharap aparatur sipil negara (ASN), akademisi, tokoh masyarakat, perwakilan buruh, dan mahasiswa, mau bergabung dengan tim tersebut.

Sehingga, seluruh elemen itu bisa membantu pemerintah menyosialisasikan UU Cipta Kerja.

"Harapannya makin banyak elemen masyarakat yang bisa membantu menyosialisasikannya setelah dilakukan telaah dan dipahami secara komprehensif. Sebab, akan semakin signifikan menjelaskan detail antara mana narasi benar dan mana yang hoaks," ucapnya.

Rabu (13/10/2020), Khofifah bersama perwakilan organisasi buruh berdialog dengan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD di Jakarta.

Sekitar 25 perwakilan buruh hadir dalam pertemuan itu, antara lain dari KSPSI Jatim, SBSI, KSPI, SPM, KSBSI, Buruh Sidoarjo, dan sejumlah perwakilan buruh di Jatim.

Khofifah mengaku, masih mempelajari secara rinci UU Cipta Kerja itu. Terutama, pasal yang dinilai kontroversial dan mengganjal pekerja serta buruh.


Khofifah mengatakan, selama ini terus berkoordinasi dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto untuk mendapatkan penjelasan rinci terkait pasal yang dipertanyakan.

"Misalnya terkait pesangon, hak cuti, sertifikasi halal dan hal substantif lainnya. Poinnya bagaimana UU ini dapat dipahami utuh dan tidak terjadi disinformasi," katanya.

Mantan Menteri Sosial itu mengatakan, selain bersama-sama memahami UU Cipta Kerja, diskusi perlu dilakukan untuk memperoleh persepsi dan pemahaman yang komprehensif.

"Mari diskusikan bersama, undang pakar yang memang benar-benar memahami isi dan esensi UU Cipta Kerja, setelah itu kita sosialisasikan secara komprehensif," jelas Khofifah.

https://regional.kompas.com/read/2020/10/14/23261121/bentuk-tim-untuk-mengkaji-uu-cipta-kerja-khofifah-ajak-buruh-dan-mahasiswa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke