Salin Artikel

Demo Tolak Omnibus Law di Makassar Ricuh, 73 Orang Ditangkap

Mereka diamankan di lokasi berbeda yang menjadi tempat unjuk rasa seperti Jalan Urip Sumoharjo dan Jalan Sultan Alauddin Makassar.

"Kita amankan waktu pendorongan," kata Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam saat diwawancara wartawan di lokasi aksi, Kamis malam.

Merdisyam mengatakan, 73 demonstran yang diamankan tersebut bakal di-rapid test terlebih dahulu.

Bila hasilnya reaktif maka peserta yang diamankan itu bakal diuji swab. 

Puluhan orang yang diamankan juga bakal dites urine untuk mengetahui apakah mereka di bawah pengaruh narkoba.

"Kalau memang di antara mereka ada yang tes urinenya positif akan kita proses sesuai hukum yang berlaku," kata Merdisyam. 

Kericuhan yang terjadi saat demo tersebut kata Merdisyam turut membuat tiga polisi mengalami luka usai tertancap anak panah.

Untuk itu, hingga kini pihaknya masih memukul mundur para demonstran yang didominasi mahasiswa.


"Secara keseluruhan sampai malam ini memang cuma di beberapa titik sentral saja yang menjadi pusat unras yang masih sampai saat ini kita melakukan pendorongan," ujar Merdisyam.

Kericuhan saat aksi ini, kata Merdisyam, juga membuat dua pos polisi lalu lintas di Jalan Urip Sumoharjo dan Jalan Sultan Alauddin Makassar dilempari bom molotov.

Namun, api dari bom tersebut sudah berhasil dipadamkan. Pelaku yang diduga terlibat dalam penyerangan itu kini juga sudah diamankan.

"Ada beberapa pos lantas di depan sempat dilempar bom molotov tapi syukur alhamdulillah bisa kita amankan dan juga tadi ada polsek lintasan yang berbatasan Gowa di Rappocini juga dilempar tapi kita bisa perkuat pengamanan yang ada," kata Merdi.

https://regional.kompas.com/read/2020/10/08/22050871/demo-tolak-omnibus-law-di-makassar-ricuh-73-orang-ditangkap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke