Salin Artikel

Usai Demo, Mahasiswa di Gresik Shalat Ghaib dan Doakan Tenaga Medis yang Gugur karena Covid-19

Sebagian demonstran menggelar shalat gaib dan dan mendoakan tenaga kesehatan yang telah gugur akibat Covid-19.

Hari ini, demonstrasi di depan Gedung DPRD Gresik dilakukan dalam dua gelombang.

Pada gelombang pertama, massa yang berdemonstrasi menamakan diri sebagai Aliansi Mahasiswa Gresik. Sementara gelombang kedua dipadati massa dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Gresik.

Setelah menggelar aksi, sebagian massa dari IMM Gresik menggelar shalat ghaib dan doa bersama di Jalan Raya Basuki Rahmad, tepat di depan gedung DPRD Gresik.

Mereka menunaikan shalat ghaib berjemaah dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Setelah itu, mereka mendoakan tenaga kesehatan yang meninggal karena Covid-19 dan mahasiswa Universitas Halu Uleo Kendari Imawan Randy yang meninggal saat demonstrasi di DPRD Sulawesi Tenggara pada 26 September 2019.

"Kita ingin mendoakan saudara kami, Imawan Randi yang telah gugur saat menyuarakan hal serupa di depan gedung DPRD waktu itu," ujar Korlap IMM Gresik Muhammad Ihyaul Afaf saat meninggalkan depan gedung DPRD Gresik, Kamis.

"Akan tetapi karena jangka waktunya sudah lama, maka kita alihkan juga doa bersama ini untuk tenaga medis yang telah gugur karena Covid-19," lanjut dia.

Afaf dan sejumlah rekannya sepakat tenaga medis yang gugur karena Covid-19 layak mendapatkan penghargaan lebih. Mereka telah mengabdi kepada masyarakat.

Saat aksi, perwakilan Aliansi Mahassiwa Gresik dan IMM Gresik sempat ditemui Ketua DPRD Gresik Muhammad Abdul Qodir yang didampingi anggota Fraksi PKB M Syahrul Munir.

"Pada prinsipnya kami mendukung perjuangan adik-adik mahasiswa. Saya mewakili DPRD Gresik akan membawa aspirasi ini ke pusat, khususnya pada hal-hal (omnibus law) yang bersinggungan langsung serta merugikan masyarakat dan buruh," tutur Abdul Qodir.

Aksi demonstrasi yang dilakukan mahasiswa itu berakhir sekitar pukul 13.30 WIB. MEreka membubarkan diri secara tertib dengan pengawalan polisi, TNI, dan Satpol PP.

https://regional.kompas.com/read/2020/10/08/18304331/usai-demo-mahasiswa-di-gresik-shalat-ghaib-dan-doakan-tenaga-medis-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke