Salin Artikel

Diminta Putar Balik Saat Pos TNI Diserang, Yulius yang Kendarai Motor Tertembak KKB, Ini Kronologinya

Hari itu karyawan PT Dolarosa tersebut mengendarai motor hendak berangkat ke tempat kerja.

Di saat bersamaan pos TNI di Pasar Baru Kenyam tiga kali ditembaki oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) dari arah sungai depan kamp PT Dolarosa.

Oleh petugas, Yulius yang sedang melintasi pos menuju kamp PT Dolarosi diminta berbalik arah karena ada serangan dari KKB. Namun Yulius memilih tetap melanjutkan perjalanan.

Setelah lima kali tembakan, Yulius baru berbalik arah. Ia kemudian terjatuh setelah terkena peluru dari KKB di bagian pinggang kiri tembus ke punggung.

Menurut Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III, Kolonel Czi IGN Suriastawa, Danpos TNI di Pasar Baru Kenyam segera memanggil ambulans untuk mengevakusi korban ke puskesmas.

"Korban kemudian diantar ke Puskesmas Pasar Baru Kenyam untuk mendapatkan penanganan medis sambil menunggu evakuasi ke Timika untuk perawatan lebih lanjut," kata Kolonel Suriastawa dalam keterangan tertulisnya, Selasa sore.

Suriastawa menekankan bahwa personel TNI di pos Pasar Baru Kenyam tidak ada yang membalas tembakan sehingga dipastikan bahwa Yulius terkena tembakan KKSB, yang diperkirakan dari kelompok Egianus Kagoya.

Setelah mendapat penanganan pertama di Puskesmas Kenyam, sekitar pukul 11.19 WIT, Yulius dievakuasi ke Timika dari Bandara Kenyam menggunakan pesawat Airfast PK-OCJ .

Tiba di Timika, korban mendapat perawatan di Rumah Sakit Mitra Masyarakat.

"Korban didampingi oleh 3 orang karyawan PT Dolarosa, (Sandi, Niko dan Salvar) dan 1 orang petugas kesehatan Kabupaten Nduga atas nama ibu Yulianti," ujar Suriastawa.

Selain serangan pada Selasa pagi, Suriastawa juga membenarkan jika Senin (5/10/2020) terjadi gangguan tembakan di Kantor Kodim Persiapan, Kabupaten Intan Jaya.

Ia memastikan tak ada korban jiwa saat penyerangan di Intan Jaya.

"Sementara pemerintah telah beritikad baik dengan menerjunkan TPGF Intan Jaya untuk mengusut tuntas kekerasan yang terjadi beberapa waktu terakhir, KKB tetap saja berulah. Kemarin, KKB menembaki Kodim Persiapan, Kabupaten Intan Jaya," ujar Kolonel Suriastawa.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Irsul Panca Aditra | Editor: Robertus Belarminus)

https://regional.kompas.com/read/2020/10/07/09010031/diminta-putar-balik-saat-pos-tni-diserang-yulius-yang-kendarai-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke