Salin Artikel

Cuaca Buruk Sebabkan Longsor di Tasikmalaya, Ratusan Warga Mengungsi

Sebanyak 115 warga setempat terpaksa mengungsi ke sebuah madrasah yang jauh dari lokasi kejadian dan dinilai aman dari bencana longsor susulan.

"Longsor terjadi sejak sore kemarin sampai sekarang, pengungsi 50 orang dan sekarang jumlahnya bertambah sampai 115 orang terpaksa meninggalkan rumah akibat tebing longsor dekat pemukiman. Hujan terus mengguyur membuat rawan longsor susulan sampai tanah bergerak. Beberapa rumah warga hampir tergerus longsor," jelas Kepala Seksi Trantib Kecamatan Sodonghilir, Kabupaten Tasikmalaya, Wawan, kepada wartawan, Selasa siang.

Akibat longsor itu pun, lanjut Wawan, kolam ikan warga dan saluran irigasi tertutup oleh tumpukan material longsoran tanah dengan tinggi sekitar 15 meter dan luas sekitar 70 meter.

Beruntung kejadian itu tak menyebabkan korban jiwa karena longsor tebing tersebut jaraknya beberapa meter dari deretan rumah warga terdekat.

"Kami bersama Koramil, Polsek telah berupaya mengevakuasi warga menjauh dari lokasi dan mereka sekarang telah menempati Madrasah. Namun, warga lainnya terus berdatangan ke lokasi yang aman karena longsoran material terus terjadi dalam kondisi adanya pergerakan tanah menutup areal tersebut," tambahnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, Nuraedidin, membenarkan beberapa kejadian bencana terjadi di beberapa wilayahnya akibat cuaca buruk sepekan terakhir ini.

Longsor terjadi juga di Kecamatan Cibalong, Cikatomas dan Sodonghilir dalam kurun waktu beberapa hari terakhir saat wilayahnya terus diguyur hujan tiada henti.

"Kami sudah menerjunkan anggota BPBD ke lokasi bencana untuk mengevakuasi warga dan sekarang tercatat para pengungsi berada di sebuah Madrasah. Semuanya tercatat yang mengungsi di Sodonghilir ada 115 orang. Sebagian besar dari mereka adalah anak-anak, remaja dan ibu-ibu. Sedangkan, para suaminya bolak balik ke rumah dan lokasi pengungsian memastikan harta bendanya aman," katanya. 

https://regional.kompas.com/read/2020/10/06/16395091/cuaca-buruk-sebabkan-longsor-di-tasikmalaya-ratusan-warga-mengungsi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke