Salin Artikel

Pulang dari Jakarta dalam Kondisi Sakit, Tiga Pemudik Asal Wonogiri Meninggal, Positif Covid-19

WONOGIRI, KOMPAS.com - Dalam sepekan terakhir, tiga pemudik asal Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, dilaporkan meninggal akibat terkonfirmasi positif Covid-19.

Pemudik yang meninggal karena terpapar corona pulang dari Jakarta ke kampung halamannya sudah dalam kondisi sakit.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri dr Adi Dharma yang dikonfirmasi Kompas.com, Senin (5/10/2020) malam, menyatakan, tiga pemudik yang meninggal karena terpapar corona memiliki riwayat merantau dari Jakarta.

“Ketiganya merupakan pelaku perjalanan yang baru pulang dari kota besar. Mereka mudik sudah dalam keadaan sakit,” kata Adi.

Setibanya di Wonogiri, ketiganya sempat menjalani perawatan di rumah sakit. Namun, beberapa saat kemudian kondisinya memburuk hingga akhirnya meninggal dunia.

Sebelum meninggal, petugas medis sempat mengambil sampel uji swab. Hasil uji swab baru keluar setelah ketiganya dimakamkan dengan prosedur Covid-19.

“Hasil swab menunjukkan ketiganya positif Covid-19,” jelas Adi.

Meski hasil uji swab belum keluar saat ketiganya meninggal, pemakaman tetap dilakukan dengan prosedur Covid-19. Pasalnya, saat meninggal, ketiganya berstatus probable Covid-19.

Penambahan tiga warga meninggal itu menjadikan kasus kematian positif Covid-19 bertambah menjadi 17 orang.

Adi menambahkan, kasus kematian positif Covid-19 dan terpapar corona dalam satu bulan terakhir didominasi dari pelaku perjalanan.

Rata-rata pelaku perjalanan merupakan perantau yang mudik dari kota-kota besar dengan status daerah zona merah.

Hingga Senin (5/10/2020), jumlah kasus positif covid-19 di Kabupaten Wonogiri mencapai 271 orang.

Dari jumlah itu, 230 dinyatakan sembuh, 15 dirawat di rumah sakit, sembilan menjalani isolasi mandiri, dan 17 meninggal dunia.

https://regional.kompas.com/read/2020/10/06/06350051/pulang-dari-jakarta-dalam-kondisi-sakit-tiga-pemudik-asal-wonogiri-meninggal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke