Salin Artikel

Mahasiswa Edit Video Masjid di Bandung Setel Musik Kencang, untuk Tambah "Follower"

Polisi menyebut bahwa musik kencang di masjid yang berlokasi di jalan Pajagalan Kota Bandung itu diedit tersangka untuk menambah follower di akun TikTok miliknya.

Padahal musik tersebut sebetulnya tidak ada.

"Tidak ada musik itu, itu yang dibuat oleh dia sendiri sehingga seolah-olah dengan adanya suatu dari masjid itu akan mengundang perhatian dari masyarakat dan otomatis dari masyarakat itu akan mengikuti dia," kata Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya di Mapolrestabes Bandung, Senin (5/10/2020).

Cari sensasi untuk tambah follower

Adapun perbuatan tersebut dilakukan KW untuk keuntungan pribadi dengan menambah follower di akun media sosialnya.

"Motivasinya hanya untuk menambahkan follower di tiktoknya akan bertambah sehingga dia akan mendapatkan keuntungan dari bertambahnya follower untuk mengikuti kegiatan dari tersangka tersebut," kata Ulung

Saat ini pelaku telah diamankan di Mapolrestabes Bandung untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya di mata hukum dengan ancaman  Pasal 45 A ayat 2 UU RI nomor 19 tahun 2016 perubahan atas UU nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik (ITE).

"Langsung kita tahan dengan kena ancamannya UU ITE dan dapat diancam karena hukumannya adalah enam tahun," kata Ulung.

Warga diminta tenang

Karena itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tidak terpancing dengan adanya postingan itu dan menyerahkan semuanya pada pihak berwajib.

"Serahkan masalah ini kepada pihak kepolisian, karena pelaku sudah diperiksa dan akan diproses hukum sesuai ketentuan yang berlaku maka masyarakat harap tenang dan tidak terpancing emosinya," imbaunya.

Diberitakan sebelumnya, seorang mahasiswa di Bandung ditangkap aparat kepolisian lantaran mengunggah postingan yang memperlihatkan salah satu masjid di Kota Bandung seolah memutar sebuah lagu dengan kencang.

Postingan tersebut diunggah akun @kenwilboy dan sempat viral dimedia sosial berbasis video yang dikenal dengan nama TikTok, dan diunggah salah satu akun bernama @ndorobei di media sosial instagram.

Dalam video itu, mahasiswa yang diketahui berinisial KW ini mengunggah dirinya tengah memperlihatkan salah satu masjid di Kota Bandung dengan suara musik yang seolah diputar masjid tersebut.

https://regional.kompas.com/read/2020/10/05/18392861/mahasiswa-edit-video-masjid-di-bandung-setel-musik-kencang-untuk-tambah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke