Salin Artikel

Strategi Kampanye Calon Petahana Lawan Kotak Kosong di Pilkada Kota Semarang

Pasangan petahana tersebut langsung bersilahturahmi ke beberapa tokoh masyarakat dan pimpinan redaksi media di Kota Semarang.

"Setelah deklarasi kampanye damai ini kita kunjungan ke beberapa sesepuh dan pimred media. Hari ini masih cukup longgar, besok baru kita gas pol," ujarnya usai Deklarasi Kampanye Damai yang digelar KPU Kota Semarang, Sabtu (26/9/2020).

Hendi mengatakan ada pembagian tugas dengan pasangannya dalam masa kampanye tersebut.

"Kita perbanyak blusukan, door to door dan virtual. Kalau mbak Ita nanti lebih banyak virtual. Saya kepengennya nanti blusukan-blusukan ke masyarakat, juga tempat sekiranya jadi aspirasi kita," ucapnya.

Dalam situasi pandemi, Hendi berjanji kampanye yang dilakukannya tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Kita sudah pelajari PKPU yang baru, memang banyak keterbatasan. Namun sebagai paslon kita siap mematuhi peraturan itu," ujarnya.

Kendati ada pembatasan dalam kampanye pihaknya berusaha menciptakan kegiatan tatap muka yang menyentuh hati masyarakat agar datang ke TPS dan memilih.

"Kita sudah tandatangani pakta integritas dan kesepakatan kampanye damai, jadi akan kita patuhi PKPU dan juga keinginan kami agar Pilwalkot Semarang berlangsung sehat," ujarnya.

Model kampanye

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom mengatakan deklarasi kampanye damai yang digelar dalam rangka kesepakatan paslon untuk mematuhi protokol kesehatan.

"Kampanye damai yang dimaksud adalah damai dengan Covid-19. Selain itu juga dilakukan penandatanganan pakta integritas bahwa paslon wajib menaati PKPU dan penerapan protokol kesehatan," jelasnya.

Henry menegaskan kampanye yang berlangsung sesuai PKPU terbaru mewajibkan adanya pembatasan.

"Segala kegiatan di luar ruangan seperti rapat umum, konser musik sudah tidak boleh. Kegiatan boleh dilakukan tapi harus virtual. Tapi kalau di dalam ruangan kegiatan dibatasi 50 orang dengan protokol kesehatan," pungkasnya.

Hendi-Ita dipastikan bakal melawan kotak kosong setelah resmi ditetapkan sebagai paslon wali kota dan wakil wali kota Semarang oleh Komisi Pemilihan Umum Kota Semarang pada Rabu (23/9/2020).

Paslon tunggal itu diusung oleh sembilan parpol yang mendapat kursi di parlemen dan didukung enam parpol non-parlemen.

Sementara, Penjabat Sementara (Pjs) Kota Semarang resmi dikukuhkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yakni Kepala Bapenda Jateng Tavip Supriyanto.

https://regional.kompas.com/read/2020/09/26/18172691/strategi-kampanye-calon-petahana-lawan-kotak-kosong-di-pilkada-kota-semarang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke