Salin Artikel

Prasasti Soe Hok Gie–Idhan Lubis Dipasang di Puncak Mahameru

Prasasti berupa marmer itu dipasang di titik koordinat S 08°06’26.8” E 112°55’17.7 atau di Palawangan area Puncak Mahameru di ketinggian 3.476 mdpl. Gie dinyatakan meninggal di Puncak Mahameru pada16 Desember 1969.

Prasasti itu dipasang oleh tim Gimbal Alas Indonesia dan dua anggota Mapala Universitas Indonesia.

Koordinator pemasangan prasasti Soe Hok Gie dan Idhan Lubis yang juga Dewan Adat Gimbal Alas Indonesia, Teguh Priejatmono mengatakan, pemasangan prasasti itu memiliki banyak manfaat. Salah satunya mengenang sosok Gie yang meninggal di lokasi tersebut.

“Pertama kita menghormati dan menghargai sosok Gie ini. Karena Gie ini sebagai intelektual muda di zamannya yang memberikan inspirasi terhadap demonstran yang sedang memperjuangkan keadilan,” katanya di Omah Gasek, Kota Malang, Kamis (24/9/2020).

Selain untuk mengenang sosok Gie yang menjadi aktivis di era 1965-1966, prasasti itu berfungsi sebagai penunjuk arah bagi pendaki, terutama pendaki pemula.

Sebab, keberadaan prasasti itu menyambut para pendaki yang tiba di puncak.

Dengan begitu, saat hendak turun, prasasti itu menjadi penanda bagi para pendaki supaya tidak tersesat ketika sampai di batas vegetasi.

“Saat mereka naik ketemu dengan prasasti itu dan ketika turun akan mencari lagi prasasti itu. Sebagai rambu kembali dari para pendaki yang sudah sampai ke puncak,” katanya.


Pengganti prasasti yang pernah ada

Dewan Adat Gimbal Alas Indonesia lainnya, Iwan Priadi mengatakan, prasasti in memoriam Soe Hok Gie dipasang pertama kali di batas vegetasi Gunung Semeru pada 1973.

Kemudian pada 1980, prasasti itu dipindahkan ke puncak.

“Karena faktor longsor dan lain sebagainya dipindah ke Puncak oleh Mapala UI sekitar tahun 1980,” katanya.

Pada tahun 2012, prasasti Soe Hok Gie diturunkan karena ada pendaki yang memasang plakat pernikahannya di samping prasasti Soe Hok Gie.

“Diturunkannya gara-gara di sebelah prasasti Soe Hok Gie ada plakat pernikahan,” jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/09/24/22201201/prasasti-soe-hok-gieidhan-lubis-dipasang-di-puncak-mahameru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke