Salin Artikel

Lawan Kotak Kosong, Calon Tunggal Pilkada Grobogan Peroleh Posisi Kanan

Sementara untuk posisi kiri, secara otomatis diisi kolom kosong.

Pilkada Grobogan kali ini memang berbeda karena hanya ada satu pasangan calon, istilahnya akan melawan kotak kosong.

Dalam tahapan Pilkada ini, Sri Sumarni dan Bambang Pujiyanto datang bersamaan ke kantor KPU Grobogan dengan menumpang mobil yang berbeda.

Keduanya hanya didampingi beberapa orang timnya saja.

Pelaksanaan pengundian dilangsungkan dalam rapat pleno terbuka yang dipimpin Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo.

Pengambilan undian diwakilkan oleh Sri Sumarni.

Teknis pelaksanaan undian yakni dengan memilih dan mengambil bola plastik berisi tulisan keterangan posisi, yang diletakkan pada bejana kaca transparan. 

"Alhamdulillah, kami dapat posisi kanan. Terus terang, saya memang berharap mendapatkan posisi kanan," kata Sri Sumarni di aula kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Grobogan, Kamis (24/9/2020).

Ketua KPU Grobogan, Agung Sutopo, menyampaikan, pelaksanaan tahapan  untuk Pilkada Grobogan tak serupa dengan daerah lain yang diramaikan oleh kompetitor.

"Berbeda dengan daerah lain yang melaksanakan pengundian nomor urut. Jadi sesuai regulasi, jika hanya satu paslon maka pengundiannya adalah tata letak posisi, bukan nomor urut," jelas Agung.


Sri Sumarni - Bambang Pujiyanto resmi ditetapkan sebagai pasangan calon tunggal dalam Pilkada Grobogan menyusul hingga batas akhir masa perpanjangan pendaftaran di KPU tak muncul kompetitor.

Dalam Pilkada 2020, Sri Sumarni dan Bambang Pujiyanto menargetkan mengantongi suara sebanyak 95 persen.

Duet Sri Sumarni, petahana Bupati Grobogan dengan Bambang Pujiyanto, eks direktur RSUD dr Soedjati Soemodiardjo Purwodadi di tahap awal mulus menerobos Pilkada Grobogan setelah mayoritas partai merapat.

Seluruh partai politik tercatat sudah mengeluarkan rekomendasi untuk mengusung pasangan Sri Sumarni dan Bambang Pujiyanto.

Puncaknya yaitu setelah Partai Gerindra, PKS dan PKB juga konsisten ikut bersauh memenangkan pasangan Sri Sumarni - Bambang Pujiyanto memimpin Kabupaten Grobogan.  

Kini tercatat ada 10 partai politik dengan total 50 kursi yang mendeklarasikan untuk memenangkan pasangan  Sri Sumarni dan Bambang Pujiyanto dalam Pilkada Grobogan. 

Di antaranya PDI-P (19 kursi), PPP (5 kursi), Hanura (5 kursi), Golkar (3 kursi), Demokrat (2 kursi), PAN (1 kursi), Gerindra (5 kursi),  Partai Berkarya (1), PKS (2 kursi) dan PKB (7 kursi). 

Selain itu, ada juga partai yang tidak memiliki kursi di DPRD Grobogan namun juga ikut memberikan dukungannya yaitu Partai Perindo dan Nasdem.

https://regional.kompas.com/read/2020/09/24/15453401/lawan-kotak-kosong-calon-tunggal-pilkada-grobogan-peroleh-posisi-kanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke