Salin Artikel

Pilkada Kota Magelang 2020, Dokter Spesialis Versus Anak Wali Kota

Penetapan dilakukan pada rapat pleno tertutup di kantor KPU setempat, dan disiarkan langsung melalui akun Facebook KPU Kota Magelang, Rabu (23/9/2020).

Ketua KPU Kota Magelang, Basmar P Amron menyatakan, kedua paslon ini telah memenuhi semua persyaratan baik syarat pencalonan maupun syarat calon.

Sebelumnya, kedua pasangan calon harus melengkapi dan memperbaiki persyaratan calon berdasarkan penelitian keabsahan dokumen persyaratan calon oleh KPU.

“Kedua paslon sudah memenuhi persyaratan menjadi peserta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang tahun 2020. Maka, dalam rapat pleno ini, keduanya resmi ditetapkan sebagai peserta pemilihan,” ujar Basmar, dalam keterangan pers, Rabu (23/9/2020).

Basmar berujar, rapat pleno dihadiri 4 orang komisioner secara langsung dan 1 orang komisioner secara daring.

Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Nomor 31 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Rapat Pleno dan Pengambilan Keputusan dalam Rapat Pleno yang Dilaksanakan Secara Daring Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Penyebaran Covid-19.

Dikatakan, pihaknya menerima syarat perbaikan kedua paslon pada 15-16 September 2020. Setelah itu, berkas diverifikasi pada 22 September 2020.

"Hasilnya persyaratan calon kedua bakal pasangan calon dinyatakan memenuhi syarat. Lalu kami tuangkan dalam Surat Keputusan KPU Kota Magelang nomor 80/PL.02.2-Kpt/3371/Kota/IX/2020,” tutur Basmar.


Untuk diketahui, dr HM Nur Aziz adalah seorang dokter spesialis penyakit dalam.

Dia berpasangan dengan KH M. Mansyur yang merupakan ulama. Saat ini dia menjabat sebagai Ketua Baznas Kota Magelang.

Sedangkan kandidat lainnya, Aji Setyawan adalah anggota DPRD Kota Magelang yang sekaligus putra dari Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito.

Pasangannya Aji, Windarti Agustina adalah petahana Wakil Wali Kota Magelang.

Komisioner Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Kota Magelang, Bambang Sarwodiono menambahkan, setelah penetapan ini, akan dilanjutkan dengan pengundian nomor urut pasangan calon.

Pengundian nomor urut rencana dilaksanakan pada Kamis (24/9/2020) di Hotel Atria Magelang.

Sesuai dengan ketentuan protokol kesehatan, dalam pengundian akan dibatasi jumlah undangan yakni hanya 32 orang, terdiri dari paslon, tim kampanye, perwakilan gabungan parpol, Forkompimda, media, dan Bawaslu.

"Kami imbau para paslon untuk tidak membawa atau melibatkan massa pendukung,” tegas Bambang.

https://regional.kompas.com/read/2020/09/23/17510871/pilkada-kota-magelang-2020-dokter-spesialis-versus-anak-wali-kota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke