Salin Artikel

Jelang Berakhirnya PSBB Banten, Operasi Yustisi Jaring 2.421 Pelanggar

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengatakan, operasi yustisi dilakukan untuk pendisiplinan protokol kesehatan dengan sasaran masyarakat tidak mengenakan masker.

"Dalam operasi yustisi ini dilakulan penegakan disiplin dan penegakan hukum kepada 2.421 orang yang tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan," kata Edy dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kompas.com. Senin (21/9/2020).

Edy menjelaskan, dari 2.421 pelanggar itu, 1.772 orang diberikan teguran tulisan 266 orang dan 383 orang di berikan sanksi kerja sosial.

"Dalam operasi yustisi melibatkan personel gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, BPBD dan Instansi Pemerintah sesuai dengan instruksi presiden dan Pergub No 45 tahun 2020 tentang penerapan disiplin serta penegakan hukum protokol kesehatan," ujar Edy.

Edy sumardi menjelaskan Operasi Yustisi ini dilakukan di sejumlah lokasi dan sasaran utama di lokasi keramaian dan fasilitas umum.

Operasi Yustisi Aman Nusa II kalimaya di mulai dari Hari Rabu 09 September 2020 hingga Rabu 30 September 2020.

Edy pun mengajak kepada masyarakat untuk membiasakan diri menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Sehingga, langkah itu dapat menekan dan mengendalikan penyebaran Covid-19

"Mari bersama-sama disiplin menerapkan protokol kesehatan gunakan selalu masker dan terapkan 3 M , guna pencegahan penularan Covid-19," tandasnya. 


Pelanggar didominasi pengendara kendaraan

Kasatpol PP Kota Serang Kusna Ramdany mengatakan, pelanggar protokol kesehatan di dominasi pengendara kendaraan dan penumpangnya.

"Sampai saat ini ada sekitar kurang lebih 850 sampai 900 orang yang melanggar protokol kesehatan. Kebanyakan para pengendara," kata Kusna.

Diungkapkan Kusna, para pelanggar beralasan malas hingga pengap jika mengenakan masker saat beraktifitas di luar rumah.

"Belum ada denda, hanya diberikan sanksi sosial dengan alasan mereka malas, lupa, pengap dan alasan lainnya," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/09/21/15390971/jelang-berakhirnya-psbb-banten-operasi-yustisi-jaring-2421-pelanggar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke