Salin Artikel

Klaster Covid-19 Guru SD di Cilacap Bertambah Jadi 7 Orang, Berkembang ke Perusahaan Swasta

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilacap dr Pramesti Griana Dewi mengatakan, berdasarkan hasil tracing terhadap guru dan karyawan SD setempat, enam orang lainnya dinyatakan positif Covid-19.

"Yang pertama positif satu orang, kemudian hasil laboratorium pertama tambah lima orang dan hasil laboratorium kedua tambah lagi satu orang," kata Pramesti saat dihubungi, Jumat (18/9/2020).

Ketujuh guru itu kini menjalani isolasi di rumah sakit.

Sebagian di antaranya ada yang bergejala ringan dan sisanya masuk kategori orang tanpa gejala (OTG).

Sementara itu, berdasarkan hasil tracing terhadap keluarga, klaster guru SD itu juga berkembang ke sebuah perusahaan swasta di Cilacap.

Di perusahaan tersebut terdapat dua orang yang positif Covid-19.

"Salah satu suami dari tujuh guru SD ini ternyata positif. Dia bekerja di perusahaan swasta, kemudian rekannya juga positif Covid-19," jelas Pramesti.

Untuk menghindari penyebaran virus yang lebih luas, kata Pramesti, pihaknya lantas melakukan swab massal terhadap 50 orang karyawan di perusahaan tersebut.

Tim Gugus Tugas Covid-19 juga menutup sementara operasional perusahaan selama dua hari. Pihaknya menyemprot disinfektan di seluruh area perusahaan.

Diberitakan sebelumnya, lima orang guru SD Negeri 4 Menganti dilaporkan terkonfirmasi positif Covid-19.

Pramesti menjelaskan, penularan diduga bermula dari salah seorang guru yang kontak erat dengan keluarganya yang bekerja di Jakarta.

https://regional.kompas.com/read/2020/09/18/19260231/klaster-covid-19-guru-sd-di-cilacap-bertambah-jadi-7-orang-berkembang-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke