Salin Artikel

Tabrak Polwan, Kepesertaan Wakil Bupati Yalimo di Pilkada Belum Terpengaruh

JAYAPURA, KOMPAS.com - Wakil Bupati Yalimo, Erdi Dabi terlibat dalam kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Kota Jayapura, Papua, Rabu (16/9/2020).

Kecelakaan tersebut menyebabkan seorang Polwan bernama Bripka Christin Meisye Batfeny (36) meninggal di lokasi kejadian.

Saat ini, Wakil Bupati Yalimo, Erdi Dabi juga berstatus sebagai bakal calon Bupati Yalimo dengan pasangannya Jhon W Will.

Mengenai hal tersebut, Komisioner KPU Papua, Melkianus Kambu menuturkan, meski yang bersangkutan tengah menjalani proses hukum, tetapi hal itu belum menganggu kepesertaannya di Pilkada Yalimo 2020.

"Sebelum ada dasar hukum dari pengadilan, maka tahapan pencalonan tetap berlanjut," ujar Melkianus, melalui pesan singkat, Kamis (17/9/2020).

Antara proses hukum dengan tahapan Pilkada yang tengah berjalan, terang Melkianus, akan berjalan terpisah sehingga Erdi Dabi bisa menjalani keduanya.

"Silahkan proses hukum berjalan, tapi dari KPU yang bersangkutan belum ada putusan tetap, maka sekali tahapan pencalonannya tetap beranjut,” kata Melkianus.

Selain itu, ia menyebut bisa saja yang bersangkutan digantikan sebagai bakal calon bupati bila ia mengundurkan diri, dengan dasar hukum dari pengadilan.


“Intinya dari sisi regulasi hukum belum ada putusan yang mengikat. Kalau yang bersangkutan mengundurkan diri sebagai calon ya bisa saja, dan itu dikembalikan ke Parpol pendukung. Tapi kan kembali lagi, belum ada putusan inkrah,” ujar Melkianus.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Bupati Yalimo Erdi Dabi terlibat kecelakaan yang menewaskan seorang polisi wanita (polwan) di Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua, Rabu (16/9/2020) pukul 07.30 WIT.

Erdi diduga mengendarai mobil dalam keadaan mabuk.

Kapolresta Jayapura AKBP Gustav Urbinas membenarkan, Erdi merupakan pelaku yang menyetir mobil Toyota Hilux yang menabrak polisi wanita itu.

Selain itu, Erdi Dabi juga tidak membawa surat izin mengemudi dan surat tanda nomor kendaraan.

https://regional.kompas.com/read/2020/09/17/09182291/tabrak-polwan-kepesertaan-wakil-bupati-yalimo-di-pilkada-belum-terpengaruh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke