Salin Artikel

Pengunjuk Rasa Membawa Karung Beras Bansos Bergambar Bupati Ogan Ilir

Dalam aksinya, pengunjuk rasa meminta Bawaslu Ogan Ilir tidak mengesahkan pendaftaran bakal calon bupati dari petahana, yakni Ilyas Panji Alam.

Adapun, Ilyas Panji merupakan Bupati Ogan Ilir yang kembali mencalonkan diri pada Pilkada 2020.

Para pengunjuk rasa membawa karung beras yang pada bagian depannya terpampang foto Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam.

Koordinator aksi Yongki Ariansyah menemui Ketua Bawaslu Ogan Ilir dan menyerahkan karung beras tersebut.

"Dalam aksi ini kita menuntut Bawaslu Ogan Ilir tidak menetapkan Ilyas Panji Alam sebagai calon petahana yang maju sebagai calon bupati Ogan Ilir dalam Pilkada 9 Desember 2020. Kita menduga ada pelanggaran PKPU Nomor 1 Tahun 2020, Pasal 80 huruf a dan b," kata Yongki.

Mereka juga menyerahkan flash disk berisi rekamam video seorang camat yang membagikan beras bansos bergambar Ilyas Panji Alam itu kepada warga di salah satu desa di kecamatan tersebut.

Yongki juga mengancam akan membawa persoalan ini ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) jika Bawaslu Ogan Ilir mengabaikan tuntutan mereka.

Menurut Yongki, bentuk pelanggaran yang diduga dilakukan adalah kampanye melalui foto di karung beras.

Ketua Bawaslu Ogan Ilir Dermawan Iskandar mengatakan, pihaknya akan mengkaji laporan pengunjuk rasa dan memproses sesuai aturan.

"Terhadap laporan pengunjuk rasa akan kami proses. Yakinlah bahwa Bawaslu Ogan Ilir akan bekerja profesional, tegak lurus dan tidak akan tunduk pada intervensi pihak manapun," kata Dermawan Iskandar

Saat coba dikonfirmasi, beberapa orang pengurus partai pengusung Ilyas Panji Alam belum memberikan tanggapan terkait unjuk rasa dan tuduhan pelanggaran pemilu yang dilaporkan ke Bawaslu.

https://regional.kompas.com/read/2020/09/16/18521801/pengunjuk-rasa-membawa-karung-beras-bansos-bergambar-bupati-ogan-ilir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke