Salin Artikel

"Siapa Pun yang Melanggar Protokol Kesehatan, kalau Melawan Secara Fisik, Kita Hukum,"

Menurutnya, tindakan itu merupakan bentuk ketegasan petugas menindak masyarakat yang melanggar protokol kesehatan.

“Siapapun yang melanggar protokol kesehatan ya mohon maaf. Kalau dia melawan secara fisik kita hukum. Jadi jangan coba-coba,” ujar Maidi kepada Kompas.com, Senin (14/9/2020) sore.

Peristiwa seorang warga marah-marah dan mencoba menyerang petugas saat ditegur karena tak memakai masker itu terekam dalam sebuah video dan viral di media sosial.

Wali Kota Madiun itu heran dengan sikap pemuda tersebut.

Padahal, petugas penegakan protokol kesehatan bertugas untuk menyelamatkan seluruh warga dari ancaman virus corona.

“Justru penegak protokol kesehatan itu menyelematkan kita semua. Menyelamatkan kebahagiaan dan menyelamatkan orang-orang yang melanggar juga dari Covid-19,” ungkap Maidi.

Sebelumnya, video seorang pria yang tak mengenakan masker beradu fisik dengan petugas penegak disiplin protokol kesehatan viral di media sosial.

Hingga Minggu (13/9/2020) malam, video berdurasi sekitar 12 detik itu sudah ditonton 103.000 kali dan mendapat 1.475 komentar di akun Instagram @teluur.


Dalam video itu, seorang pemuda beradu fisik dengan petugas penegak disiplin protokol kesehatan Kota Madiun di halaman parkir sebuah minimarket di Jalan Serayu Timur, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Sabtu (12/9/2020) malam.

Kapolsek Taman AKP Setyo Wiyono, ketika dikonfirmasi, Minggu (13/9/2020), membenarkan peristiwa tersebut terjadi Sabtu (12/9/2020) pukul 23.00 WIB.

Setyo membantah kedua pria itu beradu fisik. Petugas dan warga yang melanggar protokol kesehatan itu terlibat cekcok.

"Bukan pemukulan, cuma cekcok saja, ada yang enggak pakai masker, ditegur. Hanya salah paham saja, cuma gontok-gontokan," kata Setyo.

Petugas penegak disiplin protokol Covid-19 membawa pemuda itu ke Polsek Taman. Masalah di antara mereka diselesaikan dengan kekeluargaan.

(KOMPAS.com - Kontributor Solo, Muhlis Al Alawi)

https://regional.kompas.com/read/2020/09/14/19060491/siapa-pun-yang-melanggar-protokol-kesehatan-kalau-melawan-secara-fisik-kita

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke