Salin Artikel

Usai "Walk Out" dari Sidang Perdana, Jerinx Minta Hakim Diganti

"Kami memohon kepada Ketua PN Denpasar untuk melakukan pergantian terhadap majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara a quo dan melakukan penetapan majelis hakim baru untuk memeriksa dan mengadili perkara a quo," kata Gendo saat mendatangi PN Denpasar, dikutip dari Antara, Senin.

Kuasa hukum meminta agar Ketua PN Denpasar segera menanggapi surat permohonan tersebut sebelum dilakukan sidang berikutnya.

Kuasa hukum juga meminta agar sidang berlangsung tatap muka, bukan secara daring seperti sidang perdana pekan lalu.

"Ada dua hal alasan besar terkait kasus ini. Pertama,  alasan kami, majelis hakim mempunyai kepentingan secara tidak langsung terhadap perkara yang diperiksa dan diadili karena majelis hakim tidak bebas dan berada di bawah tekanan," jelas Gendo.

Ia menjelaskan, dalil persidangan tatap muka telah disampaikan saat sidang perdana.

Adapun Ketua Pengadilan Negeri Denpasar, Sobandi mengatakan, telah menerima surat permohonan yang diajukan kuasa hukum Jerinx.

"Sikap Ketua Pengadilan Negeri Denpasar terhadap surat dari penasihat hukum terdakwa tersebut, kita akan mempelajari apa yang disampaikan oleh penasihat hukum dan segera kita akan membuat jawaban secara tertulis terhadap surat tersebut," ujar Sobandi.

Posisi pengadilan sebagai aparat penegak hukum sama dengan tim penasihat hukum terdakwa maupun Kejaksaan, yang sama-sama ingin mencari keadilan.


Aparat penegak hukum akan menegakkan hukum dan keadilan, hanya posisinya saja yang berbeda.

Sebelumnya diberitakan, terdakwa I Gede Ari Astina alias Jerinx bersama penasihat hukumnya walk out saat sidang pembacaan dakwaan, Kamis (10/9/2020).

Saat keluar dari ruang sidang, Jerinx mengaku audio yang digunakan saat persidangan tidak jelas dan putus-putus.

"Saya ndak dengar apa, putus-putus. Saya merasa sedang tidak berbicara dengan manusia, saya sedang berbicara dengan layar monitor," kata Jerinx saat diwawancarai di lantai tiga kantor Ditreskrimsus Polda Bali, Kamis.

https://regional.kompas.com/read/2020/09/14/16224571/usai-walk-out-dari-sidang-perdana-jerinx-minta-hakim-diganti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke