Salin Artikel

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Mamuju, Warga Panik hingga Imbauan BMKG

KOMPAS.com - Warga di Mamuju Tengah panik dan berhamburan keluar rumah saat gempa 5,2 magnitudo mengguncang pada Minggu (13/9/2020) pukul 23.59 WIB.

"Gempa yang terjadi pada kedalaman 10 kilometer dan berjarak 84 kilometer dari Kota Mamuju tersebut, membuat warga setempat terbangun dari tidurnya serta panik dan berlarian keluar rumah," kata Anca salah seorang warga di Mamuju, Senin (14/9) dini hari, dilansir dari Antara.

Dari situs resminya, bmkg.go.id, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, pusat gempa berada di darat, tepatnya 28 kilometer barat laut Mamuju Tengah.

Pusat gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal tersebut memiliki kedalaman 10 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

Getaran gempa terasa kuat di Mamuju hingga V MMI (Modified Mercalli Intensity). Selain warga di Mamuju, warga di Majene juga melaporkan merasakan getaran gempa.

Sementara itu, pada Senin (14/9/2020) sekitar pukul 01.28 WIB, gempa 5,4 magnitudo juga mengguncang Naganraya, Aceh. 

Titik episentrum gempa berada di koordinas 4.19 LU dan 96.7 BT atau di 43 km Tenggara Kabupaten Nagan Raya. Kedalaman gempa tercatat 125 km. 

Imbauan BMKG

Sementara itu, BMKG juga mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang beredar di media sosial.

Warga diminta untuk terus memperbarui informasi dari situs resmi BMKG atau instansi terkait dan terverifikasi.

Selain itu, warga juga waspada dan menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi. (Teuku Muhammad Valdy Arief).

Artikel ini telah tayang di tribun-timur.com dengan judul: BMKG Catat Gempa Bumi 5,2 Magnitudo Guncang Mamuju Tengah Dini Hari, Getaran Terasa hingga Masamba

https://regional.kompas.com/read/2020/09/14/06520061/gempa-magnitudo-5-2-guncang-mamuju-warga-panik-hingga-imbauan-bmkg

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke