Salin Artikel

Bacalon Walkot Cilegon Ratu Ati Bantah Dinyatakan Positif Corona, KPU: Harus Taat Aturan

Termasuk adanya perbedaaan hasil swab test yang dilakukan oleh tim kesehatan yang di tunjuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cilegon, dengan swab test mandiri salah satu bakal calon Wali Kota Cilegon yakni Ratu Ati Marliati.

"Semua pihak harus mentaati regulasi yang ada," kata Didih saat dihubungi Kompas.com melalui pesan WhatsApp. Jumat (11/9/2020).

Dikatakan Didih, pemeriksaan kesehatan menjadi otoritas tim dokter yang sudah ditunjuk KPU sesuai PKPU nomor 10 tahun 2020.

Harus isolasi mandiri

Sehingga, jika ada salah satu bacalon dinyatakan positif Covid-19. Maka, yang bersangkutan harus menjalani isolasi mandiri sesuai dengan Surat Keputusan KPU nomor 412 tahun 2020.

"Calon yang positif Covid-19 harus diisolasi. Mereka (KPU) harus konsisten dengan aturan yang dibuatnya sendiri," tegasnya.

Di sisi lain, hasil pengujian positif bagi bakal calon tidak akan menggugurkan pencalonannya.

Akan tetapi, harus dibuatkan jadwal pemeriksaan setelah dinyatakan sembuh dan usai menjalani isolasi.

"Jadi KPU, Dokter pemeriksa maupun calon yang bersangkutan harus mentaati aturan yang ada, termasuk protokol kesehatan," tandasnya.


Tidak ada penundaan pilkada Cilegon

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Banten Wahyul Furqon juga memastikan tahapan Pilkada Cilegon tetap berjalan tidak ada penundaan.

"Aturan mainnya kita mengacu pada PKPU Nomor 10 tahun 2020, bahwa tidak ada penundaan tahapan," kata Wahyu.

Untuk itu, Wahyu meminta para bapaslon agar mempercayakan proses pemeriksaan kesehatan pada tim yang sudah ditunjuk dan dipastikan kredibel.

"Kita percayakan tim pemeriksa yang ditunjuk," ujarnya.

Dua hasil tes swab mandiri berbeda dengan KPU

Diketahui, KPU Kota Cilegon mengumumkan bahwa salah satu bakal calon Wali Kota Cilegon yang kini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Cilegon Ratu Ati Marliati positif corona. 

Namun, Ratu Ati membantah dirinya positif Covid-19 karena dua hasil swab test yang dilakukan secara mandiri di RSKM Cilegon dan RS Siloam Tangerang menyatakan negatif Cobid-19.

Ratu Ati Marliati maju bersama Sokhidin dengan dukungan empat partai yakni Golkar, Gerindra, Nasdem dan PKB.

https://regional.kompas.com/read/2020/09/11/10311741/bacalon-walkot-cilegon-ratu-ati-bantah-dinyatakan-positif-corona-kpu-harus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke