Salin Artikel

Penuturan Pengunggah Video Harimau Sumatera Kurus yang Sempat Viral: Hanya Merasa Iba

LAMONGAN, KOMPAS.com - Pemilik akun Instagram @rizctul, Nazichatul Ummah (22), warga Kecamatan Bungah, Gresik, Jawa Timur, secara sukarela mendatangi Maharani Zoo dan Goa Lamongan, Kamis (10/9/2020).

Akun Instagram inilah yang pertama kali mengunggah video mengenai harimau sumatera kurus di Maharani Zoo dan Goa Lamongan, yang kemudian diunggah ulang beberapa akun lain dan menjadi viral.

Nazich-sapaan akrab dari Nazichatul Ummah, lantas berkenan memberikan keterangan kepada awak media, awal dirinya memutuskan untuk mengambil video harimau sumatera yang memiliki nama Baksi tersebut, dari tribun atas dan lantas mengunggah video tersebut di akun Instagram miliknya.

"Terus terang saya tidak punya niatan jelek. Saya hanya merasa iba, karena melihat harimau tersebut terlihat kurus," ujar Nazich, kepada awak media, di sela melihat Baksi, di Maharani Zoo dan Goa, Kamis (10/9/2020).

Ia tidak menyangka, video tentang Baksi yang telah diunggah olehnya menjadi viral.

Bahkan, Nazich merasa bersalah setelah banyak netizen yang memberikan komentar negatif, yang justru menyudutkan pihak manajemen dan pengelola kebun binatang usai melihat video tersebut.

"Saya jadi merasa bersalah dan menyesal telah mengunggah video tersebut di Instagram. Makanya hari ini saya menemui pihak manajemen, untuk diizinkan bisa melihat Baksi lebih dekat," ucap dia.

Keinginan Nazich disambut terbuka oleh pihak manajemen Maharani Zoo dan Goa Lamongan.

Mulai dari Juli Tri Wahyuningtyas selaku koordinator marketing, Solikin selaku manajer operasional, hingga Laily Purnamasari sebagai dokter hewan di Maharani Zoo, turut mendampingi Nazich saat melihat kondisi Baksi lebih dekat.

Tentunya dengan pengawalan ketat dari para penjaga satwa yang sedang bertugas.


"Ternyata kondisinya berbeda. Baksi tidak sekurus dalam video yang saya buat, kondisinya juga sehat," kata Nazich.

Di sela kunjungan, Nazich juga sempat mendapat keterangan dari pihak pengelola, terkait keseharian Baksi berikut profil harimau sumatera jantan tersebut, serta pasokan makanan serta nutrisi yang diberikan.

Adapun pihak pengelola kebun binatang juga tidak marah dan menyalahkan apa yang sudah dilakukan oleh Nazich.

Mereka justru berterima kasih, lantaran Nazich dinilai memiliki kepedulian dengan satwa yang menjadi penghuni Maharani Zoo dan Goa Lamongan.

"Berkat video Mbak Nazich, kini Maharani Zoo jadi lebih dikenal orang. Ini membuat kami lebih bersemangat dalam memperbaiki kinerja kami," tutur Solikin.

https://regional.kompas.com/read/2020/09/10/20300031/penuturan-pengunggah-video-harimau-sumatera-kurus-yang-sempat-viral-hanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke