Salin Artikel

Jumlah Pasien Corona di Kabupaten Bogor Tembus Lebih dari 1.000 Orang

Angka ini merupakan akumulasi dari laporan harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dalam seminggu terakhir.

"Total kasus positif Covid-19 tembus 1.012 orang pada Selasa kemarin," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor Syarifah Sofiah dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Rabu (9/9/2020).

Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 terus menunjukkan lonjakan pasca ditemukannya rekor tertinggi kasus positif yang dalam sehari sebanyak 34 orang.

Namun di samping itu, jumlah pasien yang dinyatakan sembuh juga mengalami peningkatan yakni 605 orang saat ini.

Dengan demikian, sejak awal September 2020, skala penambahan kasus positif Covid-19 serta angka kesembuhannya tercatat sebanding.

Hal itu terlihat dari adanya beberapa kecamatan yang berpindah level status dari zona merah atau zona resiko tinggi penularan, ke zona oranye atau zona risiko sedang. Terkadang ada juga yang sebaliknya.

Perpindahan level status ini menguatkan bahwa setiap kecamatan selalu ditemukan satu orang terkonfirmasi positif hingga penambahan pasien sembuh.

"Jadi kemarin memang ada tambahan 30 kasus konfirmasi positif baru, tapi juga ada tambahan 32 orang yang sembuh. Untuk sekarang total yang sembuh 605 orang," kata dia.

Syarifah mengatakan, angka 1.012 tersebut adalah pelaporan konfirmasi Covid-19 kemarin sebanyak 30 kasus.

"Terdapat 2 klaster keluarga, yaitu dari Kecamatan Jonggol. Dua klaster tersebut berasal dari desa yang sama (Singajaya) tetapi RW berbeda dan 1 kluster di perumahan dan 1 lagi di masyarakat non perumahan. Klaster non perumahan ini bekerja di Kota Bekasi," kata dia.


Ia pun mengingatkan bahwa kasus Covid-19 di Kabupaten Bogor masih dalam situasi rawan, meskipun angka kesembuhan mulai meningkat.

Namun ia meminta kasus ini tidak dianggap enteng, sehingga masyarakat perlu memperhatikan protokol kesehatan, terlebih adanya tambahan klaster keluarga.

Berdasarkan rangkuman Kompas.com, sejak sepekan terakhir jumlah kasus pasien positif baru tertular dan yang sembuh mengalami kenaikan.

Jika dikalkulasikan, rata-rata per hari ada belasan sampai puluhan orang yang terinfeksi Covid-19.

Begitu pula dengan pasien yang sembuh.

Saat ini tercatat hanya tersisa satu kecamatan yang berstatus zona hijau dari 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor, yakni, Kecamatan Cariu.

Selanjutnya, ada 30 kecamatan berstatus zona merah rawan penularan dan ada 9 kecamatan berstatus zona oranye, atau risiko sedang penularan Covid-19.

https://regional.kompas.com/read/2020/09/09/15572031/jumlah-pasien-corona-di-kabupaten-bogor-tembus-lebih-dari-1000-orang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke