Salin Artikel

Pemandu Wisata Pulau Pahawang Positif Covid-19, Sektor Pariwisata Lampung Dievaluasi

Kadis Kesehatan Lampung, Reihana mengatakan, pemandu wisata itu adalah pasien nomor 455, berjenis kelamin laki-laki berusia 55 tahun.

“Pasien 455 terkonfirmasi positif Covid-19, bekerja sebagai penarik (pengemudi) speedboat,” kata Reihana, saat dihubungi, Selasa (8/9/2020).

Menurut Reihana, warga Pesawaran itu adalah pemandu wisata lokal yang berada di Pantai Ketapang dan memandu wisatawan ke Pulau Pahawang serta Pulau Tegal Mas.

“Pasien dalam perawatan dan isolasi di RS Abdul Moeleok saat ini,” kata Reihana.

Lebih lanjut Reihana menambahkan, pihaknya masih men-tracing dan menelusuri jejak riwayat kontak pasien nomor 455 tersebut.

“Petugas kami masih melakukan tracing terhadap pasien 455 untuk melihat riwayat kontak erat yang bersangkutan,” kata Reihana.

Dengan adanya kasus Covid-19 pada sektor pariwisata ini menjadi catatan untuk segera mengevaluasi pembukaan sektor pariwisata.

Hal ini mengingat sejumlah pantai di Lampung adalah tujuan wisata dari provinsi tetangga.

Pantai Lampung "diserbu" warga Sumsel

Pada libur “long weekend” pada dua pekan di akhir Agustus 2020 kemarin, sejumlah lokasi wisata pantai di Teluk Lampung 'diserbu' warga Sumatera Selatan.

'Serbuan' warga Sumatera Selatan tersebut terpantau dari mendominasinya mobil pribadi berplat BG di sepanjang jalan lintas kawasan wisata Teluk Lampung, Pesawaran.

Diperkirakan lebih dari 1.000 orang berwisata di sejumlah lokasi wisata pantai seperti Pantai Mutun, Pantai Sari Ringgung, Pantai Ketapang, hingga Pantai Klara, serta menyeberang ke Pulau Pahawang ataupun Pulau Tegal Mas.

Petugas Pos Lalu Lintas Simpang Pantai Mutun, Iptu M Hidayat mengatakan, arus lalu lintas menuju lokasi wisata pantai biasanya memang ramai jika masuk libur panjang.

"Kemarin pas libur panjang 1 Muharram kan. Ramai. Tapi nggak sampai macet. Kita terapkan rekayasa lalu lintas di sini," kata M Hidayat.

Hidayat menambahkan, kendaraan berplat nomor polisi asal Sumatera Selatan adalah yang paling banyak terpantau.

"Mungkin sekitar 70 persen didominasi plat BG," kata Hidayat.

https://regional.kompas.com/read/2020/09/09/08115381/pemandu-wisata-pulau-pahawang-positif-covid-19-sektor-pariwisata-lampung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke