Salin Artikel

Pasangan "Banteng Terluka" Ikut Ramaikan Pilkada Blora dan Daftar ke KPU

Di Pilkada Blora, Dwi Astutiningsih dan Riza Yudha dipastikan sebagai paslon terakhir atau ketiga setelah sebelumnya, Jumat (5/9/2020), istri Bupati Blora Djoko Nugroho, Umi Kulsum berpasangan dengan Agus Sugiyanto ikut mendaftar ke KPU Blora, menyusul kemudian pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Blora, Arif Rohman - Tri Yulisetyowati.

"Hari ini kami resmi mendaftarkan diri ke KPU Blora dan Alhamdulillah berkas dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat," kata bakal calon Bupati Blora Dwi Astutiningsih di KPU Blora. 

Pasangan Dwi Astutiningsih dan Riza Yudha menyebut duet mereka sebagai barisan Banteng Ketaton (Banteng Terluka). Saat mendaftar, kedua pasangan ini dikawal oleh sejumlah relawan barisan Banteng Ketaton.

Diketahui, Dwi Astuningsih merupakan anggota DPRD Komisi A dari fraksi PDI-P dan Riza Yudha juga kader PDI-P. Namun justru rekomendasi dari PDI-P tak jatuh ke keduanya.

Pasangan ini kemudian mencoba peruntungan dengan mencari dukungan partai politik lainnya, hingga berujung mengantongi rekomendasi dari  Partai Golkar (5 kursi), Partai Hanura (2 kursi) dan Demokrat (5 kursi).

"Jadi hati-hati dan jangan macam-macam dengan banteng yang sakit hati," tegas Riza.

Menurut Riza, usai dinyatakan sah mengikuti kontestasi Pilkada Blora oleh KPU, pihaknya tak segan memanaskan mesin politik hingga ke tingkat bawah untuk meraup suara terbanyak.

Bahkan dari sisi kesiapan anggaran, Riza berujar bahwa hal itu bukan sebuah kekhawatiran.

"Kami siap segalanya, bahkan anggaran kami bisa melebihi pesaing lainnya. Kami ikuti saja," terang Riza.

Pasangan Dwi Astutiningsih dan Riza Yudha hanya berharap adanya netralitas dalam Pilkada Blora menyusul kedua pesaingnya dari unsur petahana. 

Calon bupati Umi Kulsum adalah istri dari Bupati Blora Djoko Nugroho yang menjabat dua periode.

Sementara Arif Rohman adalah wakil bupati Blora yang saat ini maju sebagai cabup Blora.

"Saya ingatkan para PNS netral, jangan ikut arus politik. Kedua pesaing kami yang satu istri Bupati Blora dan yang satu adalah wakil bupati Blora," tegas Riza.

Komisioner KPU Blora, Husein, mengatakan, jatah kursi untuk Pilkada Blora telah habis, sehingga pasangan Dwi Astutiningsih dan Riza Yudha tercatat sebagai pendaftar terakhir atau pasangan calon bupati dan wakil bupati ketiga yang memenuhi persyaratan.

"Tercatat ada tiga paslon di Pilkada Blora dan jatah kursi di parlemen telah habis diambil ketiga pasangan ini," pungkas Husein.

https://regional.kompas.com/read/2020/09/06/23322361/pasangan-banteng-terluka-ikut-ramaikan-pilkada-blora-dan-daftar-ke-kpu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke