Salin Artikel

Pasangan Iwan-Iip Pendaftar Terakhir Pilkada Tasikmalaya, Sempat Ziarah Dulu ke Makam Pahlawan

Pasangan ini diusung oleh koalisi paling gemuk yakni Partai Golkar, PKB, PKS, PAN dan Nasdem.

Sedangkan sampai hari terakhir pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya, terdapat empat pasangan calon yang resmi menyalonkan diri selain Iwan-Iip yakni, pasangan petahana Ade Sugianto-Cecep Nurul Yakin (PDIP-PPP), Azis Rismaya-Haris Sanjaya (Gerindra-Demokrat) dan Cep Zamzam Zulfikar Nur-Fadil Kharsoma (Perseorangan).

Keempat pasangan itu akan memasuki tahap verifikasi berkas pendaftaran sampai 16 September mendatang sampai akhirnya ditetapkan sebagai pasangan calon resmi oleh KPU di Pilkada Tasikmalaya 2020.

"Ya, hari terakhir ada dua pasangan calon yang mendaftar, dua hari sebelumnya pun dua pasangan calon resmi daftar. Jadi dipastikan kalau melihat jumlah kursi di DPRD Kabupaten Tasikmalaya, dipastikan tidak akan yang daftar lagi di hari terakhir ini," jelas Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Zamaludin, kepada wartawan di kantornya, Minggu (6/9/2020).

Zamzam menambahkan, pihaknya pun selanjutnya akan segera melakukan verifikasi syarat pencalonan termasuk salahsatunya mengkonfirmasi surat rekomendasi masing-masing partai untuk tiap-tiap pasangan calon.

Jika nantinya ada kekurangan akan diminta untuk dilengkapi sampai batas waktu yang ditentukan KPU.

"Baru nanti kita akan menetapkan pasangan calon resmi untuk mengikuti Pilkada Tasikmalaya setelah hasil verifikasi persyaratan tiap pasangan calon lengkap sesuai aturan KPU," pungkasnya.

Sementara itu, pasangan Iwan-Iip sebelum datang ke KPU bersama rombongan menyempatkan ziarah terlebih dahulu ke makam pahlawan nasional KH Zaenal Mustofa, Sukamanah, Kabupaten Tasikmalaya.

Pasangan calon bersama rombongan pun sebelumnya juga meminta restu kepada para pimpinan Pondok Pesantren Cipasung, Kabupaten Tasikmalaya.

Di salah satu pontren Nahdlatul Ulama (NU) tersebut mereka pun menjadikan titik awal keberangkatan dibarengi pengurus partai pendukung dan simpatisan berangkat mendaftar ke KPU Kabupaten Tasikmalaya pada siang tadi.

Calon Bupati Tasikmalaya Iwan Saputra usai mendaftar menyampaikan, pihaknya jika terpilih sebagai bupati akan membangun Kabupaten Tasikmalaya berbasis kultur. Saat ini kultur Tasikmalaya adalah pesantren sehingga ia bersama pasangannya, Iip akan memajukan Tasikmalaya dengan relijius slami. 

Selain  itu, Iwan-Iip juga membangun ekonomi kreatif dan membangun sumber daya manusia untuk menyiapkan anak-anak yang unggul demi masa depan Tasikmalaya ke arah yang lebih baik. 

https://regional.kompas.com/read/2020/09/06/17564171/pasangan-iwan-iip-pendaftar-terakhir-pilkada-tasikmalaya-sempat-ziarah-dulu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke