Salin Artikel

Bakar Rumah Keluarga Kekasih, Pelaku: Adiknya yang Hasut agar Benci Saya

KOMPAS.com - Seorang pria di Bali, I Gede Wiyadnya(43), nekat mencoba membakar rumah kekasihnya sendiri pada 19 Agustus 2020 lalu. 

Gede mengaku sakit hati setelah adik kekasihnya menolak dan membujuk anggota keluarga lainnya untuk tak merestui hubungan Gede dengan kakaknya, S (30).

"Saya sakit hati, emosi saya, adiknya ndak setuju kakaknya (Sukinah) pacaran sama saya. Saya tidak kecewa pada pacar saya, tapi adiknya. Adiknya yang menghasut pacar saya supaya benci sama saya," kata Gede di Mapolresta Mataram, Sabtu (6/9/2020).

Pria warga Kelurahan Mataram Barat, Kota Mataram, NTB, lalu nekat membawa minyak tanah dan membakar rumah keluarga kekasihnya itu.

Akibatnya, gazebo di rumah S terbakar. Pintu bagian depan pun hangus dilalap si jago merah. Beruntung, api tak merembet ke induk rumah.

Dilaporkan ke polisi

Melihat aksi nekat Gede, keluarga S lalu melapor ke polisi. Gede pun akhirnya ditangkap.

Menurut Kasat Reskrim Polresta Mataram, AKP Kadek Adi Budi Astawa, pelaku kalap dan tak bisa mengontrol emosi.

"Pelaku kalap dan melampiaskannya dengan cara yang salah. Dia mendatangi rumah kekasihnya yang tinggal bersama keluarganya. Dia menyiapkan bahan bakar berupa minyak tanah dan pukul 03.00 WITA dini hari menyiram sebuah gazebo dan membakarnya," kata Budi Astawa.

Gede pun harus meringkuk di penjara dan terancam dijerat pasal 187 ayat (1) KUHP tentang upaya pembakaran Jo pasal 406 KUHP dengan ancaman maksimal 12 tahun penjara.

(Penulis: Kontributor Kompas TV Mataram, Fitri Rachmawati | Editor: David Oliver Purba)

https://regional.kompas.com/read/2020/09/06/16400051/bakar-rumah-keluarga-kekasih-pelaku--adiknya-yang-hasut-agar-benci-saya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke