Salin Artikel

Pemprov DIY Akan Mulai Pembelajaran Tatap Muka Pertengahan September

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemprov DIY) berencana mulai melakukan pembelajaran dengan tatap muka pada pertengahan September.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji saat ditemui awak media di Keraton Yogyakarta, Senin (31/8/2020).

"Beliau (gubernur) sudah dhawuh (memerintahkan) kapan sekolah dimulai, nantinya saya akan bertemu dengan gugus tugas bidang pendidikan DIY maupun kabupaten atau kota," katanya.

Menurutnya, yang pertama kali akan melakukan pembelajaran dengan tatap muka adalah tingkat perguruan tinggi setelah itu barulah diikuti oleh jenjang yang ada di bawahnya.

"Kenapa mahasiswa dulu karena mahasiswa ini lebih dewasa dan mampu menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19," ujarnya.

Pihaknya akan melakukan pembicaraan terlebih dahulu dengan pihak-pihak terkait untuk mempersiapkan apa yang dibutuhkan.

"Yang jelas kita akan kumpulkan dulu supaya disiapakan dulu dan kalau untuk (pembelajaran tatap muka) mahasiswa mulai September," ucapnya.

Aji menilai, sarana dan prasarana di tingkat perguruan tinggi lebih lengkap jika dibandingkan dengan sekolah. Ditambah lagi dengan mahasiswa yang lebih dewasa dibanding dengan siswa sekolah.

"Mahasiswa lebih dewasa dan lebih mampu menerapkan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran COVID-19, pertengahan september sudah dalam proses," katanya.

Kepala Disdikpora DIY Didik Wardaya mengatakan, pihaknya telah membuat standar operasional prosedur (SOP) bagi murid SMK yang akan melakukan praktikum di tengah pandemi Covid-19, namun hingga saat ini praktikum belum berjalan hingga sekarang.

"Saat ini kebijakan Bapak Gubernur (DIY) belum memungkinkan untuk melakukan (pembelajaran) tatap muka sampai mungkin tanggap darurat ini selesai," katanya.

Sehingga praktikum tersebut belum berlangsung di DIY untuk bulan ini. Selain itu, pihaknya masih akan melihat perkembangan kasus Covid-19 di DIY sebelum memutuskan membuka kembali praktikum secara tatap muka untuk murid SMK.

"Nah mungkin kita tetap memperhatikan itu (status tanggap darurat) sambil melihat perkembangan kasus di DIY seperti apa. Apakah terjadi peningkatan signifikan atau apa kedepannya," ucapnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/09/01/08145041/pemprov-diy-akan-mulai-pembelajaran-tatap-muka-pertengahan-september

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke