Salin Artikel

Pulang Uji Kompetensi, Perawat Meninggal Dunia Positif Covid-19

BOJONEGORO, KOMPAS.com - Kabar duka kembali menyelimuti para tenaga medis di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

H (51), salah seorang perawat yang bertugas di Instalasi Bedah Sentral RSUD Sosodoro Djatikoesumo, Bojonegoro, meninggal dunia akibat Covid-19.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bojonegoro, Masirin mengatakan, H meninggal dunia, Rabu (26/8/2020) kemarin, dan sempat dirawat selama tiga hari di rumah sakit.

Hasil tracing dan skrining tim tracing Gugus Tugas, H diduga tertular virus corona dari luar daerah saat mengikuti kegiatan uji kompetensi terkait tenaga keperawatan.

Sebab, almarhum termasuk orang terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala dan memiliki riwayat bepergian ke daerah dengan transmisi lokal atau memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi (probable) Covid-19.

"Almarhum sebelumnya mengikuti kegiatan uji kompetensi perawat di daerah Nganjuk atau Jombang gitu, lalu ada penyakit bawaan diabetes melitus juga," kata Masirin, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (27/8/2020).

Adanya perawat yang meninggal akibat Covid-19 tersebut, membuat pelayanan di bagian Instalasi Bedah Sentral RSUD Sosodoro Djatikoesumo, terpaksa ditutup sementara.

"Saat ini, seluruh pegawai di bagian Instalasi Bedah Sentral juga langsung diambil swab-PCR (polymerase chain reaction) dan diliburkan untuk isolasi mandiri," terang dia.


Sedangkan untuk pelayanan pasien yang membutuhkan penanganan medis di bagian bedah, nantinya akan dialihkan dan ditangani sementara di bagian IGD (Instalasi Gawat Darurat).

Meninggalnya H, menambah deretan daftar tenaga medis di Kabupaten Bojonegoro yang gugur akibat Covid-19.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bojonegoro, mencatat hingga saat ini terdapat total 26 orang tenaga medis yang terkonfirmasi positif Covid-19, sebanyak 2 orang masih dirawat.

Sedangkan lainnya, sebanyak 20 orang tenaga medis dinyatakan sembuh, dan sebanyak 4 orang telah meninggal dunia.

https://regional.kompas.com/read/2020/08/27/13511011/pulang-uji-kompetensi-perawat-meninggal-dunia-positif-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke