Salin Artikel

Koalisi PDI-P, PAN, Hanura, PPP Usung Sugiri Sancoko-Lisdyarita Tantang Petahana di Pilkada Ponorogo

PONOROGO, KOMPAS.com - Koalisi PDI-P, PAN, Hanura dan PPP menantang calon petahana Ipong Muchlissoni yang diusung Partai Nasdem dalam perhelatan Pilkada Ponorogo 2020.

Koalisi empat partai itu mengusung calon Sugiri Sancoko-Lisdyarita dalam Pilkada Ponorogo yang akan digelar 9 Desember 2020.

Sugiri Sancoko yang diusung sebagai calon bupati merupakan seniman yang juga seorang politisi Partai Demokrat.

Sementara Lisdyarita adalah Wakil Ketua DPC PDI-P Ponorogo yang juga pengusaha asli Ponorogo.

Koalisi empat partai optimistis duet Sugiri-Lisdyarita akan mampu menghadang dominasi calon petahana yang berkoalisi dengan partai-partai lainnya.

Ketua DPC PDI-P Kabupaten Ponorogo Bambang Yuwono menyatakan, empat partai yang berkoalisi mendukung Sugiri-Lisdyarita sudah mendapatkan rekomendasi dari pengurus partai tingkat pusat.

“PDI-P dengan empat kursi, PAN sebanyak tiga kursi dan Hanura satu kursi dan PPP satu kursi. Masing-masing partai sudah mengantongi rekomendasi dari pengurus partai pusat,” kata Bambang, yang dihubungi Kompas.com, Rabu (26/8/2020) sore.

Untuk melawan dominasi petahana, lanjut Bambang, koalisi empat partai itu berbekal keyakinan karena pasangan yang diusung akan membawa perubahan yang lebih baik di Ponorogo.

Bambang mengakui Sugiri merupakan kader Partai Demokrat namun sepertinya tidak memberikan rekomendasi bagi yang bersangkutan.

Kendati demikian, setelah dilakukan survei tingkat bawah, Sugiri Sancoko memperoleh prosentase yang tinggi.


Kondisi itu menunjukkan ada kemauan dari arus bawah untuk mengusung Sugiri-Lisdyarita.

“Ternyata mendapatkan sambutan luar biasa dari rakyat dari bawah,” kata Bambang.

Ia menambahkan, untuk mengusung paslon Sugiri-Lisdyarita, PDI-P butuh berkoalisi dengan partai lainnya lantaran hanya memiliki empat kursi di parleman.

Maka tiga partai lainnya PAN, Hanura dan PPP sepakat berkoalisi mengusung paslon Sugiri-Lisdyarita pada Pilkada Ponorogo 2020 menantang calon petahana.

Untuk deklarasi paslon Sugiri-Lisdyarita itu akan dilakukan dalam waktu dekat.

Untuk melawan petahana, Bambang mengibaratkan pertarungan semut melawan gajah.

“Kalau diibaratkan gajah melawan semut. Kami memposisikan sebagai semut saja. Kami kecil bersama rakyat tetapi jangan remehkan rakyat yang kecil kalau sudah bersatu apapun bisa dilakukan. Apalagi, suara rakyat adalah suara Tuhan,” kata Bambang.

https://regional.kompas.com/read/2020/08/26/16270241/koalisi-pdi-p-pan-hanura-ppp-usung-sugiri-sancoko-lisdyarita-tantang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke