Salin Artikel

Fakta 6 Penumpang Pesawat Jakarta-Pontianak Positif Covid-19, Terungkap Saat Tes Swab Acak

KOMPAS.com - Keenam penumpang pesawat Batik Air yang tiba di Bandara Supadio Pontianak dari Jakarta, terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal itu terungkap setelah dinas kesehatan setempat menggelar tes swab secara acak ke sejumlah maskapai penerbangan pada Sabtu (15/8/2020).

"Saat itu, kita melakukan tes swab acak terhadap sejumlah penumpang Pesawat Garuda, Lion Air, Batik Air dan Citilink," kata Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat Harisson, Sabtu (22/8/2020).

Harisson menjelaskan, sampel para penumpang saat itu langsung dilakukan uji laboratorium dengan motode real time polymerase chain reaction (RT-PCR) di Rumah Sakit Untan Pontianak.

"Hasilnya, sebanyak enam orang penumpang Pesawat Batik Air positif corona," kata Harisson.


Penerbangan dihentikan sementara

Akibat penambahan kasus positif Covid-19 tersebut, pihak maskapai menghentikan sementara operasional penerbangan Batik Air rute Jakarta-Pontianak.

"Batik Air tidak beroperasi mulai tanggal 24 hingga 30 Agustus 2020 atau sampai pemberitahuan lebih lanjut," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro melalui keterangan tertulis, Sabtu.

Akan tetapi, menurut Danang, untuk penerbangan pada Minggu (23/8/2020) tetap berjalan. Hal ini sebagai upaya mengakomodasi kebutuhan penumpang.

"Dikarenakan para penumpang di penerbangan ini (tanggal dimaksud) tidak dapat diinfo dan akan dipindahkan ke maskapai lain," ujar Danang.

"Pelaksanaan penerbangan sebagaimana pedoman protokol kesehatan," kata Danang.


Tanggapan Gubernur Kalimantan Barat

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menjelaskan, hingga Sabtu (22/8/2020), tercatat ada 33 kasus baru. 

Dari jumlah itu, enam orang di antaranya merupakan penumpang pesawat dari Jakarta.

"Informasi Covid-19 di Kalbar hari ini bertambah 33 kasus baru positif. Pontianak terbanyak dan enam orang di antaranya penumpang pesawat dari Jakarta," kata Sutarmidji lewat akun media sosial yang sudah dikonfirmasi, Sabtu siang.

(Penulis: Kontributor Pontianak, Hendra Cipta | Editor: Abba Gabrillin)

https://regional.kompas.com/read/2020/08/23/09180021/fakta-6-penumpang-pesawat-jakarta-pontianak-positif-covid-19-terungkap-saat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke