Salin Artikel

Jemaat Gereja HKBP Cibinong Ricuh Saling Dorong dan Ejek, Diduga Masalah Internal

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Kericuhan antarjemaat Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terjadi pada Minggu (16/8/2020) siang.

Kericuhan pasca-ibadah itu ditengarai karena adanya konflik internal antarjemaat gereja.

"Itu (kericuhan) masalah internal dari pihak (gereja) HKBP, kami pengamanan saja kemarin," kata Kapolsek Cibinong Kompol Yudi Kusyadi, saat dihubungi Kompas.com, Senin (17/8/2020).

Peristiwa kericuhan yang terjadi di Jalan Raya Bogor itu pun sempat membuat kemacetan setelah kedua jemaat terlibat saling ejek hingga terjadi aksi saling dorong sampai ke jalan.

"Kemacetan sempat terjadi karena kan separuh jalan (tertutup) dan kemarin kami sambil melakukan pengaturan lalin (lalu lintas)," kata Yudi.

Setidaknya, kata dia, terdapat sekitar 35 personel kepolisian bersiap siaga mengamankan lokasi kericuhan, sembari memastikan kericuhan itu tidak sampai menyebabkan kontak fisik karena masih pandemi Covid-19.

Yudi pun juga enggan berkomentar lebih jauh persoalan konflik di dalam gereja tersebut.

"Ya, kan kami juga enggak bisa masuk ke ranah internal mereka, tapi kaitannya dengan masalah kamtibmas dan kelancaran lalu lintas perlu kami amankan, biar masyarakat lain tidak terganggu," ungkap dia.


Sementara itu, berdasarkan keterangan tertulis dari Humas Polres Bogor, disebutkan bahwa perselisihan internal itu terjadi antara pendukung Pdt GS, Sth dengan P pimpinan wilayah HKBP Distrik XXVIII Deboskab Pdt (pendukung pendeta) Drs BT, M Div.

Personel gabungan Polres Bogor dan Kodim 0621 Kabupaten Bogor diterjunkan untuk menjamin situasi kamtibmas secara umum di sekitar gereja.

Pada saat melakukan kegiatan pengamanan perselisihan internal jemaat Gereja HKBP Cibinong, pihak kepolisian dan TNI melakukan upaya persuasif serta memberikan imbauan.

"Aksi saling dorong dan saling ejek dari kedua belah pihak berhasil kami redam dengan kondusif yang selesai pada sekitar jam 13.30 WIB," tulis Kasubag Humas Polres Bogor AKP Ita Puspita Lena berdasarkan keterangan tertulis.

https://regional.kompas.com/read/2020/08/17/22163131/jemaat-gereja-hkbp-cibinong-ricuh-saling-dorong-dan-ejek-diduga-masalah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke