Salin Artikel

Cerita Peltu Dedi Irwansyah, Pelatih Asri Maulana Paskibraka asal Kalsel

Untuk menjadi anggota Paskibraka, tidak hanya dibutuhkan fisik yang prima, tinggi badan yang sesuai, tetapi juga wawasan kebangsaan yang baik.

Setidaknya itu yang dikatakan Peltu Dedi Irwansyah, salah satu pelatih Paskibraka asal Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan.

Berkat tangan dinginnya, Peltu Dedi berhasil meloloskan Muhammad Asri Maulana sebagai anggota Paskibraka Nasional mewakili Kalsel pada peringatan hari ulang tahun ke-75 Republik Indonesia di Istana Negara tahun 2020.

"Pertama postur harus bagus. Setelah itu kita pembinaan fisik. Sudah itu ada pelajaran psikologi dan tentu saja wawasan kebangsaan juga harus bagus," ujar Peltu Dedi Irwansyah, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (16/8/2020).

Dedi menuturkan, ia sudah melatih calon anggota Paskibraka sejak tahun 2005.

Selama 15 tahun itu, anggota TNI yang bertugas di Kodim 1003 Kandangan tersebut sudah melatih ratusan pelajar SMA di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) sebagai anggota Paskibraka.

Yang paling membanggakan adalah berhasil mengirimkan Muhammad Asri Maulana sebagai Paskibraka Nasional.

Selain memiliki wawasan kebangsaan yang bagus, Asri menurutnya anak didik yang paling cepat mencerna semua materi.

"Sosoknya itu cerdas, cepat tanggap dan didukung dengan postur yang bagus. Mentalnya juga bagus," ungkap dia.


Asri, kata Dedi, sudah dilatihnya sejak tahun 2019 sebab sudah dua tahun pula Asri terpilih sebagai Paskibraka Nasional mewakili Kalsel.

Untuk tahun 2020, Dedi mengaku melatih 6 calon Paskibraka, termasuk Asri.

"Ada enam yang kami seleksi, 5 lolos untuk Paskibraka tingkat provinsi dan satunya lolos untuk tingkat nasional, yaitu Asri," ucap dia.

Lolosnya Asri membuat Dedi dan seluruh jajaran pelatih di Kandangan bangga.

Bagaimana tidak, sejak tahun 2001, baru kali ini ada pelajar asal Kandangan yang lolos sebagai Paskibraka dua kali berturut-turut.

"Alhamdulillah kami sebagai pelatih bangga setelah lama menunggu, baru kali ini kembali dari Kandangan ada yang lolos sebagai Paskibraka Nasional dua tahun berturut-turut. Apalagi ini seleksi dari 34 provinsi dan Kalsel mengirimkan seorang wakil," ujar dia.

Asri sendiri dilatih oleh 6 pelatih masing-masing 3 orang anggota TNI dari Kodim 1003 Kandangan dan juga 3 orang dari anggota Polri.

Peltu Dedi Irwansyah bertindak sebagai koordinator pelatih.

https://regional.kompas.com/read/2020/08/16/19124311/cerita-peltu-dedi-irwansyah-pelatih-asri-maulana-paskibraka-asal-kalsel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke