Salin Artikel

Mereka yang Meninggal Saat Sembelih Hewan Kurban..

Peristiwa yang sama juga terjadi di Serang, Banten. Seorang guru mengaji, Asmala meninggal saat menyembelih sapi kurban di depan majelis taklim Daar As Sabhil miliknya.

Mengeluh sakit lambung dan darah tinggi

Aan (60) kakak kandung Epin mengatakan adiknya sudah biasa menyembelih. Namun hari itu ia mengaku dalam kondisi tidak fit karena sakit darah tinggi dan lambung.

"Beberapa hari lalu sudah ke dokter untuk berobat, tapi masih bilang kuat menyembelih," kata Aan.

Sementara itu Ketua panitia kurban Mamun (68) mengatakan kejadian tersebut berawal saat warga meminta tolong Epin untuk menyembelih hewan kurban. Hari itu ada satu ekor sapi dan 3 domba yang akan disembelih.

Setelah shalat Idul Adha, dia sempat menyembelih satu ekor sapi dan satu ekor domba. Namun saat menyembelih domba yang kedua, Epin jatuh pingsan dengan golok masih di tangan.

"Almarhum memang sudah biasa menyembelih hewan kurban setiap Idul Adha. Korban tiba-tiba pingsan dan diketahui meninggal saat memegang golok," kata Mamun kepada wartawan, Jumat sore.

Sesaat kemudian, ia dinyatakan meninggal dunia.

"Warga yang lain langsung menolong. Sepertinya langsung meninggal, tapi untuk pasti dibawa ke rumah sakit. Hasilnya memang meninggal dunia," kata dia.

Peristiwa tersebut sempat menggegerkan warga sekitar yang sedang berkerumun menyaksikan penyembelihan hewan kurban.

Bahkan warga setempat sempat merekam kejadian tersebut. Peristiwa ini menjadi viral di media sosial, karena baru kali pertama terjadi di Kota Tasikmalaya.

Peristiwa tersebut terjadi pada Jumat (31/7/2020), sekitar pukul 09.00 WIB, usai melaksanakan shalat Idul Adha.

Asmala terlihat lemas dengan tangan masih memegang golok dan sapi yang dipotongnya belum tuntas disembelih.

Menurut Kapolsek Pontang AKP Sudibyo Wardoyo mengatakan, kejadian tersebut terjadi di depan majelis taklim Daar As Sabhil milik Asmala.

Warga setempat tidak mengira Asmala meninggal dunia saat memotong hewan kurban. Sebab, tidak ada tanda-tanda sedang sakit.

Namun, korban memang mempunyai riwayat penyakit jantung.

"Memang setiap tahun Beliau selalu memotong hewan kurban. Tokoh agama di sini (Pontang). Tapi, tadi pagi, tiba-tiba korban terjatuh pas lagi menyembelih sapi," ujar Sudibyo.

Saat Asmala terjatuh, warga lainnya yang tengah menyaksikan berusaha menolongnya. Bahkan, anak Asmala, Payubi (30) sempat memberikan napas buatan.

"Di lokasi juga sempat dikasih napas buatan sama anaknya. Pas dibawa ke puskesmas, Beliau sudah dinyatakan meninggal dunia," kata Sudibyo.

Berdasarkan keterangan dari pihak keluarga, Asmala memang ada pembengkakan di area jantung, sehingga korban tidak boleh terlalu lelah.

"Keluarga menolak dilakukan otopsi, sehingga bada Jumat tadi sudah dikebumikan," ujar dia.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Irwan Nugraha, Rasyid Ridho | Editor : Abba Gabrillin)

https://regional.kompas.com/read/2020/08/01/10300081/mereka-yang-meninggal-saat-sembelih-hewan-kurban-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke