Salin Artikel

10 dari 11 Paus Pilot yang Terdampar di Pantai NTT Mati

Kepala Seksi Program dan Evaluasi Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang Imam Fauzi mengatakan, awalnya ada lima paus yang terdampar.

Seekor berhasil dikembalikan ke laut, sedangkan empat lainnya sudah dalam keadaan mati.

Tak berselang lama, kembali dilaporkan tambahan paus yang terdampar dengan kondisi mati berjumlah tiga ekor di lokasi yang berdekatan.

"Beberapa jam kemudian dilaporkan lagi paus yang terdampar berjumlah tiga ekor, sehingga total paus yang terdampar untuk saat ini 11 ekor. 10 ekor yang mati dan satu berhasil dikembalikan ke laut," ungkap Imam saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (30/7/2020) malam.

Imam mengatakan, hasil identifikasi visual, paus ini teridentifikasi berjenis short finned pilot whale dengan panjang 2,5 hingga 6 meter dan lebar 0,9 hingga 1,2 meter.


"Masih terdapat kemungkinan tambahan paus yang terdampar, karena paus pilot merupakan paus yang hidup berkelompok dengan jumlah bisa mencapai 30 ekor untuk satu kelompok," ungkapnya.

Sebanyak 10 bangkai paus akan dikuburkan.

Imam mengatakan, lantaran lokasi terdampar berada di pulau Raijua, penanganan di lapangan dipandu oleh tim Quick Respon BBKPN Kupang.

Tim BKKPN akan tiba di lokasi pada Jumat (31/7/2020) pagi untuk melakukan penanganan lebih lanjut di lapangan. 

https://regional.kompas.com/read/2020/07/30/21210441/10-dari-11-paus-pilot-yang-terdampar-di-pantai-ntt-mati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke