Salin Artikel

Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Pulau Seram, Warga Panik Berhamburan ke Luar Rumah

“Sangat kuat getarannya, warga di sini panik dan lari keluar dari dalam rumah menuju lokasi terbuka,” ujar Dino Arey, salah sau warga Bula, saat dihubungi dari Ambon.

Karena panik dan takut adanya gempa susulan, warga baru berani kembali ke rumah setelah beberapa menit berlalu.

Saat ini aktivitas warga di wilayah itu telah normal kembali.

“Tadi kami sempat berdiri di luar, takut jangan sampai ada gempa susulan. Tapi, saat ini sudah balik lagi beraktivitas,” ujarnya.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Seram Bagian Timur Usman Keliobas menjelaskan, sejauh ini belum ada laporan kerusakan fasilitas umum dan rumah warga akibat gempa di wilayah tersebut.

“Sejauh ini belum ada laporan kerusakan yang kami terima, mudah-mudahan tidak ada kerusakan,” kata  Usman.

Ia mengakui gempa yang mengguncang wilayah tersebut cukup kuat dirasakan getarannya di Kota Bula dan sekitarnya sehingga membuat warga berhamburan ke lokasi terbuka.

“Memang kuat dirasakan dan warga sempat keluar rumah, tapi saat ini sudah normal lagi,” ujarnya.


Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon menyebutkan, gempa yang terjadi pada pukul 09.51 WIT itu berpusat di Laut Seram dengan titik gempa berada pada koordinat 3,42 lintang selatan dan 131,14 bujur timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 77 km arah tenggara Kota Bula, Seram Bagian Timur, pada kedalaman 11 km.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Ambon Andi Azhar Rusdin mengatakan, gempa dirasakan warga di wilayah itu dengan skala III MMI.

Meski gempa dirasakan kuat, BMKG memastikan gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

 “Gempanya tidak berpotensi tsunami,” ujarnya. 

https://regional.kompas.com/read/2020/07/30/11401061/gempa-magnitudo-54-guncang-pulau-seram-warga-panik-berhamburan-ke-luar-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke