Salin Artikel

Misteri Kebakaran Ruko Kosong di Makassar, Ada Mayat Tertindih Kasur

Percikan api pertama terjadi pada Senin siang sekitar pukul 12.14 WIB. Saat itu petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar berhasil memadamkan api sekitar pukul 14.52 Wita.

Setelah api padam, petugas Damkar menyisir lokasi ruko lantai dua tersebut dan tidak menemukan korban jiwa akibat kejadian tersebut.

Namun pada malam hari, api kembali menyala dan petugas langsung datang ke lokasi untuk kembali memdamkan api.

Namun saat petugas kembali menyisir ruko, mereka menemukan mayat dalam keadaan tengkurap tertindih kasur di lantai dua sekitar pukul 22.00 Wita.

Padahal di kebakaran Senin siang, petugas sudah memastikan jika tidak ada korban jiwa di lokasi tersebut.

"Petugas juga sempat kaget karena tadi (siang) sudah disisir semua (tidak ada korban). Pas di sisir lagi tadi jam 22.00 Wita, kita temukan," kata Plt Kadis Damkar Makassar Elo Dewata Wahid, Selasa (28/7/2020).

"Jadi setelah kita sisir lagi. Kita temukan di dalam kamar. Kondisinya hangus terbakar. Dalam posisi tengkurap, tertindih kasur hangus juga," ujar Elo.

Awalnya mayat tersebut diduga mayat seorang perempuan karena ruko tersebut merupakan sempat menjadi tempat indekos pekerja khusus perempuan.

Selain itu di lokasi kejadian juga ditemukan KTP perempuan, buku tabungan, topi, serta beberapa benda lainnya.

Mayat tersebut mengalami luka bakar 100 persen.

Namun dari hasil pemeriksaan labfor, mayat tersebut adalah seorang pria dengan tinggi kurang lebih sekitar 150 cm.

Ia mengenakan cincin dan menggunakan celana jeans.

Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP Kadarislam mengatakan pihaknya masih menyelidiki terkait dugaan kekerasan di tubuh korban.

"Sementara masih didalami lagi otopsinya apakah ada kekerasan terhadap korban termasuk pemilik KTP itu masih kita telusuri juga, mau dilacak. Karena memang dulu ini tempat mess wanita," ujar Kadarislam.

Kejanggalan lainnya adalah kebakaran di ruko tersebut dipicu oleh korsleting listrik. Padahal sudah 3 bulan listrik di ruko tersebut dicabut. Kemungkinan sempat ada pencurian listrik.

"Dan sudah tiga bulan ini listriknya sudah dicabut. Jadi kemungkinan sebelum dicabut, orang di sebelah bangunan itu diduga mencuri listrik juga," kata Kadarislam.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Makassar Iptu Theodorus Echeal Setiyawan mengatakan pihaknya telah melakukan olah TKP untuk menyelidiki penyebab kematian korban tewas di lokasi kebakaran.

Theodorus menjelaskan jika bangunan tersebut kosong karena sedang direnovasi. Namun dia enggan berspekulasi lebih jauh atas insiden tersebut.

"Tidak ada diamankan karena memang itu gudang bangunan kosong. Cuma mau dicari tahu lagi lebih dalam. Belum ada yang diperiksa. Baru keterangan di lokasi sedikit dari penyewa gedung sama tukang bersih-bersih," kata Theodorus.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Himawan | Editor: Khairina)

https://regional.kompas.com/read/2020/07/29/18500091/misteri-kebakaran-ruko-kosong-di-makassar-ada-mayat-tertindih-kasur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke