Salin Artikel

Bupati Ogan Ilir Umumkan Dirinya Positif Corona, Jumpa Pers Sambil Diinfus dan Bilang Sudah Terprediksi

Ilyas menggelar konferensi pers tatap muka dengan sejumlah wartawan yang berjarak 2 meter. Konferensi pers digelar di teras rumah dinas.

Ilyas saat itu mengenakan baju batik merah, peci hitam dan mulutnya ditutup masker warna hijau. Di lengan kirinya tertancap jarum suntik infusan.

Ia duduk santai di sofa teras rumah dinasnya sambil sesekali melambaikan tangan.

Awalnya meriang

Dalam konferensi pers itu, Ilyas menyatakan bahwa ia awalnya mengalami meriang dan kemudian memeriksakan diri ke dokter. Diagnosa awal ia divonis tipus.

Namun ketika menjalani tes swab di Rumah Sakit Bhayangkara Palembang, Ilyas dinyatakan positif Covid-19.

"Saya Ilyas Panji Alam, Bupati Ogan Ilir. Hasil swab yang saya terima pagi ini, saya dinyatakan terkena Covid-19 atau virus corona," ucap Ilyas.

Ia mengimbau semua orang yang pernah kontak dirinya untuk memeriksakan diri. Termasuk, katanya, wartawan.

Ilyas mengatakan akan melakuakan isolasi mandiri di rumah dinasnya hingga ia dinyatakan sembuh alias negatif corona. Ia mengaku saat ini kondisi badanya dalam keadaan fit.

"Saya akan isolasi mandiri. Saya sehat, saya sangat sehat. Saya bugar tetapi saya dinyatakan positif corona," kata Bupati Ogan Ilir.

Tetap bekerja

Meski dinyatakan positif Covid-19, Ilyas mengatakan masih tetap akan bekerja sebagai bupati. ia akan berkantor di rumah dinasnya sambil melakukan isolasi mandiri.

Hal itu demi menjaga agar roda pemerintahan di Ogan Ilir berjalan sebagaimana mestinya. Ia akan tetap menandatangani surat-surat yang harus ditandatangani. Sementara untuk memimpin rapat, ia mewakilkan pada Seketaris Daerah.

"Saya tetap menandatangani disposisi dan sebagainya. Untuk rapat-rapat dipimpin oleh Sekda," kata Ilyas Panji Alam.

Punya prediksi kena corona

Ilyas mengaku dirinya positif Covid-19 bukanlah yang mengejutkan. Jauh hari sebelumnya, ia sudah memprediksi bahwa dirinya akan terkena Covid-19.

Prediksi itu muncul karena aktivitasnya yang rentan terkena virus yang menjadi pandemi ini. Ia hampir setiap hari bertemu dengan masyarakat sehingga risiko tertular Covid-19 sangat tinggi.

"Tidak (terkejut). Saya sudah merasa suatu saat saya kayaknya kena (Covid-190," kata Ilyas dalam konferensi pers di teras rumah dinasnya.

Ia beharap dan yakin bahwa dirinya akan sembuh sehingga ia bisa kembali beraktivitas menjadi bupati.

"Yakinlah bahwa penyakit ini dapat disembuhkan," kata Ilyas. (Amriza Nursatria Hutagalung)

https://regional.kompas.com/read/2020/07/28/06214381/bupati-ogan-ilir-umumkan-dirinya-positif-corona-jumpa-pers-sambil-diinfus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke