Salin Artikel

Sidak Tempat Penjualan Kurban di Jombang, Ditemukan Kambing Tak Layak

JOMBANG, KOMPAS.com - Sejumlah petugas dari Dinas Peternakan Kabupaten Jombang, Jawa Timur, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah tempat penjualan hewan kurban.

Salah satu tempat yang dikunjungi, pada Senin (27/7/2020), yakni tempat penjualan kambing kurban di Desa Denanyar, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Di tempat penjualan kambing kurban milik Musthofa, warga setempat, petugas menemukan 2 ekor kambing yang sedang sakit.

Kepala Seksi Kesmavet dan Kesrawan Dinas Peternakan Pemkab Jombang, Fedi Widayanto mengungkapkan, selain kambing yang mengalami diare, ditemukan pula beberapa ekor kambing yang belum memenuhi kelayakan untuk dijadikan hewan kurban.

"Temuan kami ada dua ekor kambing yang terkena diare dan beberapa kambing yang umurnya belum satu tahun. Untuk kambing-kambing itu, kami minta penjualannya ditangguhkan dulu," kata Fedi, kepada Kompas.com, di lokasi penjualan kambing kurban, Senin.

Fedi menuturkan, penangguhan penjualan kambing yang memiliki masalah kesehatan dimaksudkan untuk menjaga kesehatan masyarakat dari potensi gangguan penyakit.

Adapun bagi kambing yang memiliki umur terlalu muda, dikhawatirkan bisa mengganggu kepercayaan pembeli yang hendak menunaikan ibadah kurban saat Hari Raya Idul Adha.

"Bagi kami yang paling penting adalah hewan kurban harus dalam kategori asuh. Artinya aman, sehat, utuh, halal," ujar Fedi.

Sejauh ini, belum ditemukan adanya hewan kurban yang sakit parah dan berpotensi mengganggu kesehatan manusia.


Musthofa, penjual kambing kurban di Desa Denanyar, Kabupaten Jombang, mengaku, omzet penjualannya meningkat dibanding tahun lalu.

Pada Idul Adha tahun lalu, dia berhasil menjual 450 ekor kambing untuk kebutuhan hewan kurban.

Sedangkan, hingga menjelang Hari Raya Idul Adha akhir pekan ini, kambing miliknya sudah terjual sebanyak 500 ekor.

Menurut Musthofa, para pembeli kambing kurban pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

"Kalau tahun lalu banyak yang beli borongan, ada yang dibawa ke Surabaya atau ke daerah lain. Untuk tahun ini pembelinya lebih banyak dari tetangga dan tetangga desa,"  ujar dia kepada Kompas.com.

Harga kambing kurban yang dijual Musthofa bervariasi. Ada harga Rp 1,5 juta, Rp 2 juta sampai Rp 5 juta setiap ekor. 

https://regional.kompas.com/read/2020/07/27/22550231/sidak-tempat-penjualan-kurban-di-jombang-ditemukan-kambing-tak-layak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke