Salin Artikel

Menaker Ida Fauziah: 3 Juta Orang Kehilangan Pekerjaan akibat Covid-19

"Pandemi Covid-19 ini telah mengakibatkan 3 juta lebih saudra-saudara kita kehilangan pekerjaan. Sehingga tidak mendapatkan pendapatan sama sekali," ujarnya Ida dalam sambutan membuka acara PBK di BBPLK Serang. Selasa (21/7/2020).

Padahal, pemerintah sudah berupaya menekan dan mengurangi angka pengangguran dengan berbagai upaya dan cara.

Hasilnya, jumlah pengangguran yang di rilis BPS pada Februari 2020 sudah menurun dibandingkan tahun 2019.

"Angka sebenarnya dibanding tahun 2019 angkanya sudah turun. Kalau 2019 pengangguran kita 7,50 juta. Per Februari tren ketenagakerjaan kita positif menjadi 6,8 juta," kata Ida.

Namun, tren positif tersebut terhenti akibat adanya pandemi pada bulan Maret 2020. Tidak hanya sektor kesehatan saja terdampak, bahkan meluas ke sektor perekonomian.

'"Covid-19 ini ternyata dampaknya sudah sangat meluas dan pada akhirnya yang paling terasa dampaknya pada sektor ketenagakerjaan, terutama sektor informal," jelasnya.

Menurut Ida, pengangguran terbanyak disumbangkan dari lulusan SMK dan Perguruan Tinggi. Karena, kebutuhan pasar kerja saat ini tidak sesuai dengan input maupun output pendidikan.

Untuk itu, peran Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLKI) di seluruh Indonesia akan berperan aktif, berkolaborasi dengan industri.

'Kalau ingin menekan pengangguran, menyelsaikan pengangguran yang angkanya karna covid tinggi. Maka, pelatihan diarahkan harus menjawab kebutuhan pasar kerja," tegasnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/07/21/14483031/menaker-ida-fauziah-3-juta-orang-kehilangan-pekerjaan-akibat-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke