Salin Artikel

4 Bulan Ditutup karena Covid-19, 111 Obyek Wisata di Jatim Siap Dibuka Kembali

Ratusan obyek wisata itu tersebar di sejumlah daerah, seperti Banyuwangi, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Pacitan, dan Kota Batu.

"Menurut laporan dari kabupaten dan kota, ada 111 obyek wisata yang sudah siap dibuka kembali," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur Sinarto saat dikonfirmasi, Senin (20/7/2020).

Sinarto mengatakan, tim khusus dari masing-masing daerah sedang mengevaluasi kesiapan penerapan protokol kesehatan di ratusan obyek wisata itu.

"Pemprov Jawa Timur sepenuhnya menyerahkan kepada masing-masing kabupaten dan kota tentang pembukaan obyek wisata, asalkan harus tetap menerapkan protokol kesehatan dengan mempertimbangkan kondisi penyebaran Covid-19 di daerah itu," kata dia.

Menurutnya, pembukaan obyek wisata di daerah bisa mendorong ekonomi masyarakat yang sempat terhenti akibat pandemi Covid-19.

Berdasarkan catatan Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur, angka kunjungan wisata ke Jawa Timur menurun drastis selama pandemi Covid-19.

Pada Juni 2019, jumlah kunjungan wisatawan asing mencapai 17.047 kunjungan. Sementara Juni 2020, tak ada wisatawan asing yang datang.

Sementara jumlah wisatawan domestik pada Juni 2020 menurun hingga 79 persen dibandingkan tahun sebelumnya.


Tercatat sebanyak 9.4 juta wisatawan asing pada Juni 2020, sedangkan Juni 2019 sebanyak 44,4 juta.

Sementara itu, beberapa obyek wisata andalan di Jawa Timur, seperti Gunung Bromo, akan dibuka pada Agustus 2020.

Sepanjang Juli 2020, pengelola Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) sedang mengevaluasi teknis protokol kesehatan di obyek wisata itu.

Hal itu dilakukan sembari menunggu rekomendasi dari empat daerah pemangku wilayah Gunung Bromo, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang, Lumajang, dan Kabupaten Pasuruan.

Sementara wisata Gunung Ijen sudah dibuka kembali sejak 11 Juli 2020.

https://regional.kompas.com/read/2020/07/20/16321571/4-bulan-ditutup-karena-covid-19-111-obyek-wisata-di-jatim-siap-dibuka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke