Salin Artikel

2 Kapal Vietnam Ditangkap Saat Mencuri Ikan di Laut Natuna

Kapal asing tersebut diamankan oleh TNI Angkatan Laut yang menggunakan KRI Yos Sudarso 35.

Sebelumnya, kapal TNI sudah mendeteksi keberadaan dua kapal mencurigakan yang berada di perairan pulau terdepan Kabupaten Natuna.

"Dua kapal ikan VIetnam tersebut terdeteksi oleh radar KRI Yos Sudarso dan posisi kedua KIA tersebut sangat dekat dengan perairan Pulau Laut," kata Komandan Gugus Tempur Laut Komando Armada I (Danguspurla Koarmada I) Laksamana Pertama TNI Didong Rio Duta melalui telepon, Minggu (19/7/2020).

Didong mengatakan, kedua kapal Vietnam tersebut sebenarnya terlihat sangat nyata oleh nelayan Natuna yang sedang melaut, karena posisi kedua kapal tersebut benar-benar dekat dengan Pulau Laut.

Ironisnya saat ditangkap, kedua kapal ikan Vietnam tersebut sedang asik menangkap ikan dengan menggunakan pair trawl atau pukat hela.

"Total anak buah kapal (ABK) ada 10 orang dan diamankan sedang asyik mencuri ikan di Laut Natuna dengan menggunakan pair trawl," kata Didong.

Sementara itu, Komandan KRI Yos Sudarso 353 Letkol Laut (P) Maman Nurachman melalui keterangan tertulisnya mengatakan, kedua kapal sama sekali tidak dilengkapi dengan dokumen yang sah.

Dalam proses penangkapan KIA tersebut, pihak KRI tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, dengan melakukan penyemprotan disinfektan dan memeriksa kesehatan para nahkoda dan ABK.

Guna penanganan lebih lanjut, nahkoda dan ABK beserta barang bukti diserahkan ke Pangkalan TNI AL Ranai.

Selain itu, para ABK akan menjalani pemeriksaan kesehatan dan isolasi selama 14 hari.

Penangkapan ini merupakan yang ketiga kalinya terjadi di perairan Natuna dalam waktu satu bulan terakhir.

https://regional.kompas.com/read/2020/07/19/22285421/2-kapal-vietnam-ditangkap-saat-mencuri-ikan-di-laut-natuna

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke