Salin Artikel

Di Banten, Jarak Antar-pemotor 1 Meter di "Traffic Light" untuk Cegah Covid-19

Total sudah 50 titik marka physical distancing atau jaga ajarak dibuat tersebar di enam Kabupaten dan Kota.

Pembuatan markah seperti garis start di Moto GP itu untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Rudy Purnomo mengatakan, pembuatan markah dalam rangka Operasi Patuh Kalimaya 2020 yang akan di mulai 23 Juli hingga 5 Agustus.

Salah satu programnya membuat markah jalan untuk memberikan ruang atau jarak pengendara motor selama menunggu di traffic light (TL).

"Pembuatan marka jalan untuk kendaraan roda dua dalam rangka persiapan Ops Patuh Kalimaya 2020, sekaligus untuk mendisiplinkan masyarakat saat berkendara," ujar Rudy Purnomo saat dihubungi Kompas.com. Jumat (17/7/2020).

Rudi meminta kepada pengguna sepeda motor agar mentaati aturan selama pandemi Covid-19, dan secara mandiri juga mengatur jarak kendaraan di traffic light. Meskipun tidak ada petugas.

"Kalau terlalu dekat jarak antara satu dengan yang lain kan rawan kecelakaan juga," kata Rudi.

Beberapa hari ini, petugas dari kepolisan dan Dishub akan disiagakan untuk membiasakan para pengendara roda dua memanfaatkan marka jaga jarak itu.

"Kalau marka jalan penuh silahkan pengendara untuk mengatur jarak minimal satu meter dengan pengendara lainnya," ucapnya.


50 titik TL

Kasubdit Kamsel Kompol Juaningsih menambahkan, pembuatan marka physical distancing sudah dilakukan oleh Polres Jajaran dengan total 50 titik.

Titiknya tersebar di wilayah hukum Banten seperti Polres Serang, Serang Kota, Cilegon, Pandeglang, Lebak, Kab Tangerang.

Dia menargetkan seluruh traffic light di Banten akan ada marka jaga jarak, hal itu dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Untuk Polda ada tiga titik di TL Cipocok, TL Cikutuk dan TL Parung Kota Serang. Namun semua Polres juga sudah ada 50 titik dibuatkan marka," kata Juaningsih.

https://regional.kompas.com/read/2020/07/17/14492871/di-banten-jarak-antar-pemotor-1-meter-di-traffic-light-untuk-cegah-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke