Salin Artikel

Selama Penerapan PSBB, Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Tegal Menurun

TEGAL, KOMPAS.com - Sejak diberlakukannya penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di Kota Tegal, Jawa Tengah, cenderung menurun.

Kasatlantas AKP Bakti Kautsar Ali mengungkapkan, pada triwulan pertama di bulan Januari terdapat 27 kasus, Februari 21 kasus, dan Maret 21 kasus.

Dengan jumlah korban mencapai 77 orang yang semuanya hanya mengalami luka ringan.

Sementara di triwulan kedua bersamaan dengan saat penerapan isolasi wilayah atau PSBB, terjadi penurunan kasus seperti di bulan April ada 11 kasus, dan di bulan Mei 15 kasus.

Namun setelah PSBB berakhir, kasus laka lantas di jalan raya kembali meningkat.

"Di bulan Juni, tiga korban laka lantas meninggal dunia. Meski triwulan kedua jumlah kasusnya lebih sedikit dibanding triwulan pertama karena adanya lockdown dan PSBB, namun secara fatalitas jumlahnya meningkat," kata Bakti di Tegal, Kamis (16/7/2020).

Meski demikian, pihaknya tetap menggencarkan sosialisasi untuk menekan angka kecelakaan.

Kini, jajaran Satlantas akan melangsungkan Operasi Patuh Candi 2020 mulai 23 Juli hingga 5 Agustus 2020.

Melalui momentum tersebut, di antaranya agar dapat meminimalisir laka lantas hingga terwujudnya keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas)

"Operasi ini dilaksanakan secara tematik tergantung seringnya jenis pelanggaran. Tujuannya agar terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas. Terpenting saat ini agar masyarakat patuh protokol kesehatan di tengah adaptasi kebiasaan baru," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/07/16/19290861/selama-penerapan-psbb-angka-kecelakaan-lalu-lintas-di-kota-tegal-menurun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke