Salin Artikel

Menkes Terawan Akan Pimpin Langsung Penanganan Covid-19 di Jawa Timur

KOMPAS.com - Tingginya jumlah kasus positif Covid-19 di Jawa Timur menjadi perhatian serius pemerintah.

Menyikapi hal itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto akan memimpin langsung penanganan Covid di daerah tersebut.

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono membenarkan hal itu.

Untuk memimpin penanganan Covid-19 di Jawa Timur, Terawan akan berkantor di Kota Surabaya setiap akhir pekan.

Bahkan, Pemprov Jatim saat ini sudah menyiapkan tempat khusus selama Menkes berkantor di kota pahlawan tersebut. Yaitu di Rumah Sakit Lapangan Indrapura Surabaya.

Rumah sakit yang menangani khusus pasien Covid-19 itu, sebelumnya merupakan Gedung Pusat Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan.

"Di sana banyak ruang yang representatif untuk kantor Pak Menkes," kata Heru di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (14/7/2020).

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesdirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes dr M Budi Hidayat sebelumnya mengatakan, dengan Menkes berkantor di Surabaya diharapkan penanganan Covid-19 di Jawa Timur dapat lebih maksimal.

"Karena kita tahu penyebaran Covid-19 di Jatim perlu perhatian khusus," katanya.

Sebagai informasi, hingga Selasa (14/7/2020) siang, jumlah pasien positif Covid-19 di Jawa Timur tercatat sebanyak 17.230 orang. Jumlah itu menduduki peringkat tertinggi secara nasional.

Dari jumlah itu, Kota Surabaya menyumbang 7.255 kasus. Kemudian disusul Sidoarjo sebanyak 2.481 kasus dan Gresik 1.225 kasus.

Penulis : Kontributor Surabaya, Achmad Faizal | Editor : Dheri Agriesta

https://regional.kompas.com/read/2020/07/14/20565241/menkes-terawan-akan-pimpin-langsung-penanganan-covid-19-di-jawa-timur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke