Salin Artikel

Selangkah Lagi, Cianjur Selatan Memisahkan Diri Jadi Kabupaten Baru

Penandatanganan bersama Ketua DPRD Cianjur Ganjar Ramadhan itu dilakukan saat Sidang Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-343 Kabupaten Cianjur.

“Saya janji, bukan hanya dipenandatanganan saja, namun saya akan menggaet, mendampingi dan merojong (mendorong) warga Cianjur selatan agar pemekaran bisa terealisasi secepatnya,” kata Herman kepada wartawan, Minggu.

Disebutkan Herman, penandatanganan ini menjadi momen bersejarah dan tentunya sebagai kado terindah untuk masyarakat Cianjur selatan.

“Setelah hari ini ditandatangani, besok akan saya serahkan langsung ke panitia pemekaran di Sindangbarang, sekaligus ekspores terkait langkah selanjutnya,” ujar dia.

Dalam eksposes nanti, akan dibahas mengenai rencana pembangunan Pendopo termasuk letak lokasinya.

“Termasuk rencana pembangunan kantor-kantor pemerintahan nantinya," ucap Herman.

Lebih lanjut dikatakan, kendati saat ini pemerintah pusat masih memberlakukan moratorium pemekaran DOD, namun dengan ditandatanganinya surat persetujuan ini bisa mempercepat prosesnya nanti di tingkat pusat.

“Jadi, masuk aja dulu ke pusat. Pada saat dicabut (moratorium), kita sudah ready sebagai daftar nominatif untuk pemekaran,” ujar dia.

Akan terdiri 14 kecamatan

Rencananya, berdasarkan site plan Paguyuban Masyarakat Cianjur Kidul (PMCK) ada 14 wilayah kecamatan yang akan bergabung dengan DOB Cianjur selatan. 

Luas wilayah DOB Cianjur selatan sendiri ditaksir mencapai 231.105,88 hektare persegi dengan jumlah penduduk 629.499 jiwa.  

Dengan demikian, jika Kabupaten Cianjur Selatan resmi terbentuk, Kabupaten Cianjur selaku kabupaten induk yang selama ini melingkupi 32 kecamatan praktis kehilangan hampir setengah dari wilayahnya.

Kabupaten Cianjur juga melepas potensi-potensi pendapatan asli daerah (PAD) dari wilayah selatan, seperti pertanian, sektor kelautan dan lainnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/07/12/16292061/selangkah-lagi-cianjur-selatan-memisahkan-diri-jadi-kabupaten-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke