Salin Artikel

Pulang dari Semarang, Mahasiswi Kedokteran Ini Positif Covid-19

KUPANG, KOMPAS.com - Seorang mahasiswi kedokteran yang kuliah di Semarang, Jawa Tengah, asal Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), positif Covid-19.

Bupati TTU Raymundus Sau Fernandes yang dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Kamis (9/7/2020) malam membenarkan hal itu.

Raymundus menuturkan, hal tersebut merupakan kasus pertama di kabupaten yang berbatasan langsung dengan Distrik Oekusi, Timor Leste, itu.

Raymundus mengatakan, pasien positif corona tersebut tiba di Kota Kefamenanu, ibu kota Kabupaten TTU pada 3 Juli 2020 lalu.

Saat tiba di kediamannya di Perumahan BTN, sang mahasiswi tidak langsung dikarantina, karena tidak membawa hasil tes swab.

Tiga hari kemudian, saat sudah berada di Kefamenanu, hasil swab di Semarang keluar dan dinyatakan positif Covid-19.

"Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten TTU langsung melakukan penelusuran. Tim kemudian menjemput yang bersangkutan di kediamannya," ungkap Raymundus.

Saat ini, kata Raymundus, mahasiswi tersebut telah dikarantina di Rusunawa Kilometer 9.

Raymundus mengatakan, ini merupakan kasus impor sehingga tanggung jawab di daerah yakni mencegah agar penyebaran secara lokal tidak terjadi.

Semua pihak yang kontak dengan keluarga, kata dia, akan diperiksa dan diambil sampel untuk swab.

"Kami merawat dia sampai sembuh dan terhadap keluarga dan siapa saja yang sudah kontak fisik dengan dia, kami karantina," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2020/07/09/21014351/pulang-dari-semarang-mahasiswi-kedokteran-ini-positif-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke