Salin Artikel

"Saat Mau Rujuk Pasien, Kami Harus Cari Sinyal di Tempat Tinggi"

Pulau Palue adalah salah satu pulau terluar di Flores.

"Bertugas di daerah terluar yang jauh dari riuhnya kota itu sangat mulia bagi saya. Awalnya memang berat, karena harus jauh dari keluarga," tutur Maria saat dihubungi Kompas.com, Selasa (7/7/2020).

Menurut maria, di tempatnya bertugas tidak ada listrik dan sinyal telepon. Sehari-hari, untuk mengisi baterai ponsel, ia harus mengantre di rumah yang memiliki genset.

Tak hanya itu. Jika harus berkomunikasi dengan pihak rumah sakit saat akan merujuk pasien, Maria berjalan jauh dari perkampungannya menuju buktit.

Di atas bukit itu lah Maria mendapatkan sinyal telepon untuk menghubungi rumah sakit.

"Saat mau rujuk pasien, kami harus cari sinyal di tempat yang agak tinggi untuk bisa komunikasi dengan petugas di RSUD Tc Hilles Maumere," ungkap Maria.

Jika harus berkunjung ke rumah warga untuk memberikan pelayanan, ia harus berjalan kaki puluhan kilometer dan menyusuri tebing berbatu di pinggir pantai.

Ia terpaksa berjalan kaki karena tak semua daerah di Pulau Palue bisa dilewati kendaraan.

Selain jalan kaki, ia beberapa kali datang ke rumah warga dengan menumpang perahu. Saat harus menaiki perahu kecil, Maria mengaku jika gelombang laut yang tinggi menjadi tantangan sendiri baginya.

Kerasnya ombak yang menghantam bahu perahu, menurut Maria. membuat adrenalinnya teruji.

"Situasi dan kondisi tidak bisa dikompromi. Mau tidak mau harus dijalani. Jalan kaki melewati tebing pasti sakit. Begitu pula naik kapal motor lewat laut, pasti mabuk. Semuanya saya nikmati," ujar Maria.

Walaupun harus jalan kaki atau menumpang perahu kecil, Maria mengaku tidak putus asa untuk terus memberikan bantuan medis kepada masyarakat.

Ia juga berharap agar Pulau Palue segera teraliri listrik dan bisa dialiri listrik agar warga di pulau tersebut tak ketinggal informasi.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Nansianus Taris | Editor: Dheri Agriesta)

https://regional.kompas.com/read/2020/07/08/11330081/-saat-mau-rujuk-pasien-kami-harus-cari-sinyal-di-tempat-tinggi-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke