Salin Artikel

8 Destinasi Wisata Non Pendakian di Gunung Rinjani Dibuka 7 Juli 2020

MATARAM, KOMPAS.com - Destinasi wisata alam non pendakian di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani akan dibuka mulai Selasa (7/7/2020).

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Dedy Asriady mengatakan, untuk tahap pertama, TNGR akan membuka delapan destinasi wisata alam non pendakian.

Delapan destinasi wisata non pendakian yaitu, Otak Kokok Joben (Joben Eco Park), Telaga Biru, Air Terjun Jeruk Manis, Gunung Kukus, Air Terjun Mayung Polak, Sebau, Savana Propok dan Air Terjun Mangku Sakti.

"Tentu saja dengan berbagai protokol, syarat, dan ketentuan yang ketat, mengingat ini masih masa Pandemi Covid-19,” kata Dedy Asriady, seperti dikutip dalam rilis tertulis, Senin (6/7/2020).

Dedy menambahkan, berdasarkan arahan Dirjen KSDAE dan koordinasi dengan pemda, diputuskan akan dilakukan reaktivasi tahap I, kegiatan wisata alam di TN Gunung Rinjani dengan kuota 30 persen dari kunjungan normal.

“Untuk tahap I, kami buka delapan destinasi wisata alam non pendakian dengan kuota 30 persen,” ujar Dedy.

Kuota kunjungan per hari pada delapan destinasi non pendakian tersebut yaitu, Otok Kokok Joben (Joben Eco Park) sebanyak 227 pengunjung, Air Terjun Jeruk Manis sebanyak 180 pengunjung, Gunung Kukus sebanyak 90 pengunjung.

Kemudian, Air Terjun Mayung Polak sebanyak 60 pengunjung, Sebau 22 pengunjung, Telaga Biru 84 pengunjung, Savana Propok 150 pengunjung dan Mangku Sakti 90 pengunjung.

TNGR akan menerapkan protokol Covid-19 yang ketat terhadap para wisatawan mulai pintu masuk, saat di lokasi wisata, maupun saat ke luar pintu wisata.

Wisatawan diwajibkan menggunakan masker, membawa handsantizer/sabun cair, trash bag, menjaga jarak minimal satu meter, membawa surat keterangan bebas Covid-19 (untuk yang dari luar Provinsi NTB) atau bebas gejala influensa (influenza-like illness) untuk yang berasal dari pulau Lombok.


Jam kunjungan dan pelayanan pun dibatasi mulai pukul 09.00-15.00 Wita.

“Kami akan memastikan penerapan protokol Covid-19 pada petugas, wisatawan dan penyedia jasa wisata alam serta membatasi jam kunjungan/pelayanan” sambung Dedy.

Dedy menambahkan, TN Gunung Rinjani memiliki 13 destinasi wisata non pendakian dan 5 destinasi wisata pendakian yang berada di tiga kabupaten, yaitu, Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Utara.

Destinasi Non Pendakian tersebut adalah Otak Kokok Joben (Joben Eco Park), Telaga Biru, Treng Wilis, Air Terjun Jeruk Manis, Gunung Kukus, Air Terjun Mayung Polak, Sebau, Savana Propok, Bukit Telaga, Jalur Sepeda Gunung Sembalun, Air Terjun Mangku Sakti, Air Terjun Tiu Ngumbak dan Torean dengan obyek daya tarik wisata berupa Air Terjun Penimbungan.

Sedangkan destinasi wisata pendakian yaitu Senaru, Torean, Sembalun, Timbanuh dan Aik Berik.

Balai TN Gunung Rinjani telah membentuk tim pengawas yang akan melakukan evaluasi secara berkala.

Sementara itu, hingga saat ini pihak TNGR belum membuka wisata di jalur pendakian Gunung Rinjani.

“Kami masih menutup destinasi pendakian sambil menunggu hasil evaluasi tim dan arahan dari pusat serta koordinasi dengan pemerintah daerah,” tutup Dedy.

https://regional.kompas.com/read/2020/07/06/23231081/8-destinasi-wisata-non-pendakian-di-gunung-rinjani-dibuka-7-juli-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke