Salin Artikel

UTBK ITB, Panitia Sediakan Masker hingga Sampling Rapid Test

“Barangkali ada masker yang tertinggal, jadi kami sediakan masker medis,” ujar Koordinator pelaksana ujian di ITB Achmad Rochliadi saat dihubungi Senin (6/7/2020).

Achmad mengatakan, ITB sudah membuat panduan pelaksanaan UTBK. Panduan tersebut disosialisasikan melalui berbagai platform.

Salah satu dari panduan tersebut membahas kewajiban mengenakan masker medis, menjaga jarak, dan lainnya.

Selain itu, saat memasuki lokasi ujian, peserta akan dicek suhu tubuh. Bahkan Gugus Tugas Jawa Barat akan melakukan rapid test kepada sebagian peserta UTBK.

“Sistemnya sampling. Pelaksanaannya sebelum dan sesudah UTBK,” tutur Achmad.

Jika hasil sampling rapid test reaktif, panitia dan dokter yang ditempatkan di lokasi ujian akan berkonsultasi dengan tim Satgas Covid-19. Kemudian membawanya ke pelayanan kesehatan terdekat.

UTBK ITB tahun ini diikuti 16.648 peserta. Terdiri dari 14.419 peserta umum dan 2.299 peserta Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Dari jumlah itu, sekitar 500 peserta berasal dari luar Jawa Barat. Panitia tidak bisa menolak kepesertaan mereka untuk ujian di ITB. Karena ada yang sudah lama tinggal di Bandung.

“Mereka jauh-jauh hari sudah ada di Bandung. Selama mereka bisa membuktikan sudah lama ada di Bandung tidak apa-apa,” tutur dia.

Ketua Pelaksana Pusat UTBK ITB, Prof Jaka Sembiring mengatakan, UTBK ITB dilaksanakan di sejumlah lokasi. Yakni kampus ITB Ganesha, SMAN 1 Bandung, SMAN 2 Bandung, SMAN 3 Bandung, SMAN 4 Bandung, dan SMAN 5 Bandung.

UTBK 2020 di pusat UTBK ITB akan dilaksanakan 12 hari, yakni 5-14 Juli dan 20-21 Juli 2020. Karena terdapat pelaksajaan protocol kesehatan, peserta diwajibkan hadir 1 jam sebelum ujian dimulai.

Pada UTBK 2020 ini, hanya ada satu materi yang diujian, yakni Tes Potensi Skolastik (TPS).

https://regional.kompas.com/read/2020/07/06/11034611/utbk-itb-panitia-sediakan-masker-hingga-sampling-rapid-test

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke