Salin Artikel

UTBK Unpad Jatinangor, Peserta Tidak Di-Rapid Test, Hanya Disuruh Pakai Masker

Diketahui, pelaksanaan UTBK gelombang I di Kampus Unpad Jatinangor diikuti 11.035 peserta dan telah berlangsung sejak Minggu (5/7/2020) hingga 14 Juli mendatang.

Ketua Pusat UTBK Unpad Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita mengatakan, dalam pencegahan Covid-19, peserta UTBK di kampus Unpad hanya dicek suhu tubuh sebelum masuk ke ruangan ujian.

"Kami tidak melakukan rapid test. Peserta hanya dicek suhu tubuh dan diwajibkan mengenakan masker selama ujian berlangsung di ruangan," ujar Arief kepada Kompas.com di Unpad Jatinangor, Minggu.

Selain itu, kata Arief, bagi peserta yang domisilinya jauh dari kampus Unpad Jatinangor, seperti peserta dari Bogor juga tidak dites cepat corona.

"Peserta yang wilayah asalnya jauh dari kampus Jatinangor hanya diwajibkan membawa surat keterangan bebas ILI (Influenza Like Illness) dari Puskesmas di daerah asalnya," tutur Arief.

Arief menyebutkan, dari 11.035 peserta yang ikut UTBK di kampus Unpad Jatinangor, 95 persen berasal dari daerah di sekitar kampus Unpad Jatinangor.

Nasib peserta luar Jabar

Sebetulnya, kata Arief, sebelumnya ada 200 peserta dari luar Jawa Barat yang harusnya melaksanakan UTBK di kampus Unpad Jatinangor.

Tapi setelah adanya larangan dari Gubernur Jawa Barat bahwa peserta UTBK hanya diperbolehkan dari wilayah Jawa Barat saja, maka 200 peserta tersebut direlokasi ke tempat UTBK terdekat.

"Ada 200 peserta yang direlokasi ke tempat lain karena berasal dari luar Jawa Barat. Ini sesuai arahan dari Pak Gubernur," kata Arief.

Arief menambahkan, pada hari pertama pelaksanaan UTBK ini, tidak terkendala secara teknis. Seperti adanya gangguan server dan ganguan teknis lainnya.

"Alhamdulillah, pada hari pertama ini, pelaksanaan UTBK di kampus Unpad Jatinangor berjalan lancar," kata Arief. 

https://regional.kompas.com/read/2020/07/06/06541081/utbk-unpad-jatinangor-peserta-tidak-di-rapid-test-hanya-disuruh-pakai-masker

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke