Salin Artikel

Viral, Video Tumpukan Skripsi Dibuang dari Jendela, Pihak Kampus Minta Maaf

Di video yang sama, juga terekam seorang laki-laki sedang mengumpulkan bundelan skripsi yang bertumpuk di lantai bawah. Tumpukan skripsi tersebut dimasukkan ke dalam karung berukuran besar.

Tumpukan skripsi juga terlihat di teras hingga halaman kampus. Sebagian skripsi terlihat rusak dan lembaran kertasnya berserak di rumput pekarangan kampus.

Video berdurasi 21 detik tersebut direkam di Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru Riau.

Saat dikonfirmasi, Rektor Unilak Dr Junaidi membenarkan kejadian tersebut

Ia berdalih skripsi yang terekam di video tersebut adalah skripsi-skripsi lama yang telah rusak dan akan dipindahkan ke tempat lain.

Sebagai bentuk tanggung jawab atas peristiwa tersebut, Junaidi menjelaskan jika kepala perpustakaan universitas tersebut telah dihentikan.

"Kemudian, sebagai bentuk tanggung jawab dari kelalaian tersebut, Kepala Pustaka Unilak telah diberhentikan dan diambil alih langsung oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik," kata Junaidi dalam klarifikasi secara tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (4/7/2020).

Selain itu, Junaidi juga meminta maaf atas beredarnya video tersebut.

Ia menjelaskan sejak beberapa tahun terakhir, pihak Universitas Lancang Kuning sudah melakukan penyimpanan karya ilmiah termasuk skripsi dalam bentul digital.

"Unilak beberapa tahun ini telah melakukan program digitalisasi karya karya ilmiah dari dosen dan mahasiswa," sebut Junaidi.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Idon Tanjung | Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief)

https://regional.kompas.com/read/2020/07/05/12150021/viral-video-tumpukan-skripsi-dibuang-dari-jendela-pihak-kampus-minta-maaf

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke